Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW 6 Series E24: Perintis Sedan Mewah Bertenaga Besar

BMW 6 Series E24 Indonesia

Bimmer.ID — BMW menghadirkan seri grand tourer pertamanya untuk Seri 6 pertamanya dengan merilis BMW 6 Series E24. Dirancang untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan kecepatan tinggi serta kinerja mumpuni, E24 juga dianggap sebagai sedan kelas mewah pertama BMW. Desain mewah yang mengesankan tetapi lebih ramah penumpang menjadikan sedan dua pintu ini bintang mobil sedan Eropa pada masanya.

Desain E24 merupakan modifikasi dari sedan dua pintu CS dan CSL yang diproduksi pada tahun 1965. Moncongnya mengadopsi bentuk yang disebut “mulut hiu”, dengan bagian atas sedikit meruncing dan dimensi bemper berbentuk persegi tebal. Bagasi belakang memiliki “ekor” dan terdapat jendela atap, sehingga semakin menekankan kesan mewah. Versi sebelum tahun 1987 memiliki empat lampu bundar, namun versi yang dirilis setelah Juni 1987 memiliki lampu sedikit lonjong, dengan cahaya yang langsung menyorot ke jalan.

Interior E24 berlapis kulit dengan kursi tebal dan beragam fitur untuk kenyamanan berkendara. Jendelanya dapat dibuka-tutup secara otomatis. Kursi pengemudi sedikit rendah dan memiliki desain ergonomis, sehingga pengemudi tidak perlu melakukan manuver terlalu drastis untuk memutar setir.

Semua model E24 (kecuali M635CS1) dilengkapi mesin M30 yang membuat mobil mampu melakukan perjalanan jauh nonstop. Akan tetapi, mesin ini terkenal mudah panas, sehingga pengemudi membutuhkan sistem pendingin berkualitas untuk mencegah mogok. E24 juga dilengkapi sistem rem kuat untuk menahan sedan besar ini, terutama saat dibawa berkendara pada musim hujan atau ketika direm mendadak.

E24 menawarkan 4 dan 5 percepatan untuk transmisi manual, tetapi kemudian muncul jenis yang memiliki transmisi otomatis dengan pilihan 3 dan 4 percepatan. Pengecualian ada pada model M635 hanya memiliki transmisi manual dengan unit Getrag yang penggantiannya cukup mahal jika rusak. E24 cukup nyaman dikendarai di jalan aspal serta jalan yang sedikit kasar, tetapi kurang cocok untuk offroad. Mobil ini mudah dikendalikan baik saat dikendarai dengan santai maupun dalam kecepatan tinggi.

BMW 6 Series E24 akhirnya berhenti diproduksi pada bulan April 1989, dan digantikan oleh E31. Akan tetapi, mobil ini akan tetap diingat sebagai perintis sedan mewah bertenaga besar pertama dari BMW. (putri/ymn/Berbagai Sumber/Foto: StanceWorks.com)

Tahun Produksi: 1976 – 1989

BMW 635CSi E24 1986

 

Share this Story: