Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW X1 Series E84: Responsif dan Nyaman Menembus Kemacetan

BMW X1 Series E84

Bimmer.ID — Sebagai model generasi pertama dari jajaran BMW X1, BMW X1 Series E84 diproduksi sejak 2009 hingga 2015. Pada pertengahan 2015, SUV dengan empat pintu ini digantikan oleh BMW X1 F48.

Versi terakhir dari desain BMW X1 berdasarkan platform yang sama dengan mobil yang digunakan saat Touring Seri 3 E91. Kedua model ini sama-sama memiliki jarak sumbu roda 2,760 mm.

Ini juga platform yang mirip dengan yang digunakan untuk Zinoro 1E. Zinoro E1 sendiri adalah model crossover bertenaga listrik yang juga terinspirasi dari BMW X1. Kapasitas tenaga listriknya 125 kW, dipasang di belakang dan menghasilkan torsi sebesar 250 N.m.

Perubahan dari Tahun ke Tahun

Inilah beberapa perubahan desain BMW E84 dari tahun ke tahun:

Tahun 2011. Di tahun ini, model X1 sDrive 20d mulai diperkenalkan. Setelah itu, mesin xDrive 28i diperbarui ke N20B20, yaitu dengan kapasitas 2.0 liter dan 4-silinder turbo. Sekarang desain ini juga dilengkapi dengan transmisi manual.

Peningkatan isolasi kebisingan juga dilakukan untuk model diesel. Selain itu, ada fitur fungsi siaga dan fitur asisten yang khusus untuk menahan rem hingga kopling berada di titik gesekan, sehingga mempermudah untuk menanjak dengan transmisi manual.

Tahun 2012. Di tahun ini, perubahan desain BMW X1 Series E84 dipamerkan saat Pameran Otomotif Internasional New York (2012 New York International Auto Show).

Ada empat perubahan desain eksterior mobil, yaitu: desain ulang lampu utama, lampu belakang, bumper depan, dan cermin dengan indikator yang terintegrasi. Lalu ada tiga perubahan desain interior mobil, seperti: pembaruan desain konsol tengah, trim interior baru, dan desain kemudi roda yang juga diperbarui.

Selain itu ada pengenalan trim xLine, Sport, dan M Sport. Program BWM EfficientDynamics ditambahkan pada semua model X1. Ini termasuk beberapa fitur seperti setir berdaya listrik dan sistem start-stop pada mesin.

Pada tahun ini, E84 juga dikenalkan pada pasar Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Selain itu, mobil ini mendapatkan lima bintang dalam EURO NCAP Test.

Tahun 2014. Versi E84 berikutnya diperkenalkan pada Pameran Mobil Internasional Amerika Utara (2014 North American International Auto Show). Tidak hanya itu, model ini dirilis untuk mulai dijual pada pertengahan tahun 2014.

Penghargaan untuk E84

Pada tahun 2009, E84 mendapatkan penghargaan Auto Trophy pada Auto Zeitung. Pada tahun 2010, mobil ini mendapatkan tiga penghargaan berbeda, seperti: Design Trophy dari Auto Zeitung, Red Dot Award untuk desain luar biasa, dan Auto Bilt Design Award untuk kategori SUV, Van, dan All-Wheel Drive. (Ruby/ymn/Berbagai Sumber/Foto: BimmerToday/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW X1 Series lainnya

 

Video BMW X1 Series E84 | Tahun Produksi: 2009 – 2015

Instagram BMW X1 Series E84

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW X1 Series E84 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWE84, #E84, dan #X1E84.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: