Bimmer.ID — BMW Group Indonesia pada Rabu (18/9/24) memiliki presiden direktur baru, Peter Medalla, menggantikan Ramesh Divyanathan.
Di bawah kepemimpinan pria berusia 51 tahun itu, BMW Group Indonesia diharapkan mampu berkembang lebih besar lagi.
Peter Medalla bergabung dengan BMW Group sejak 2005 di Filipina. Sepanjang karirnya, ia telah memegang sejumlah peran kunci di Departemen Sales, Dealer Development, dan Marketing, yang memberinya pemahaman mendalam tentang industri otomotif.
Ia kemudian menjabat sebagai Vice President Sales BMW Indonesia dari 2010 hingga 2013. Dalam kurun waktu 3 tahun itu, ia memperluas jaringan diler dan mendorong pertumbuhan pasar, memperkuat posisi BMW sebagai pemimpin di segmen premium.
Ia kemudian ditunjuk sebagai Head of MINI Asia dan General Manager MINI Jepang, di mana ia semakin mengasah keahlian dalam kesuksesan BMW Group sebagai brand premium.
Dengan rekam jejak yang terbukti dalam transformasi bisnis, visi strategis Peter Medalla akan sangat penting dalam memimpin BMW Group Indonesia ke fase pertumbuhan berikutnya.
Adapun Ramesh Divyanathan (57), yang posisinya digantikan Peter Medalla, dialihkan sebagai Director Customer Support BMW Group Asia, yang akan mengawasi 14 pasar.
Ramesh telah menjabat sebagai presiden BMW Group Indonesia sebanyak dua periode, dari 2009-2014 dan dari 2018-2024.
View this post on Instagram
Di bawah kepemimpinannya, BMW Group Indonesia mencetak rekor yang mengesankan, termasuk menjadi brand otomotif premium pertama di Indonesia yang melampaui penjualan 5.000 unit per tahun.
Ramesh juga berhasil memposisikan BMW sebagai pemimpin di segmen kendaraan listrik (EV) premium, dengan menguasai 70% pangsa pasar pada tahun 2023.
“Kami sangat senang menyambut Peter Medalla sebagai Presiden Direktur baru BMW Group Indonesia. Pengetahuan industri dan kepemimpinan Peter yang luas di berbagai market menjadikannya orang yang ideal untuk mendorong pertumbuhan kami di Indonesia,” kata Managing Director BMW Group Asia Lars Nielsen.
“Kemampuannya untuk menginspirasi tim dan mengimplementasikan inisiatif strategis akan sangat penting saat kami semakin memperkuat posisi kami di negara yang kompetitif dan dinamis ini.” (Aldion/BMW Group Indonesia/Bimmer.ID)