Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Terungkap, Tenaga G80 M3 ternyata lebih Besar dari Klaim BMW

Tenaga G80 M3
Foto: via BMW Blog

Bimmer.ID — Jika produsen mobil Jepang di era 90-an sengaja menurunkan klaim tenaga mesin mobil buatan mereka karena Gentleman’s Agreement, tapi bagi BMW sepertinya tidak demikian. Apa alasannya, tak ada yang tahu.

BMW sepertinya suka dengan sengaja menutupi tenaga asli kendaraan buatannya, hal yang kemudian membuat konsumen merasa bahagia karena suntikan tenaga mesin makin galak.

Itulah yang dialami tuner asal Jerman, RaceChip. Mereka awalnya membeli sebuah BMW M3 xDrive. Karena memang akan melakukan sedikit modifikasi mesin, mereka kemudian menaikkan mobil tersebut ke atas mesin dyno dalam kondisi standar sebagai pembanding.

Namun, hasil yang keluar berbeda dari ekspektasi spek pabrik. Bukannya sama atau mengecil, tenaga mesin berkode S58 itu ternyata 40 HP lebih besar dari klaim pabrik!

Tenaga G80 M3

BMW mengklaim jika G80 M3 memiliki 510 HP, tetapi saat dites di dyno tercatat 553 HP, alias 43 HP lebih besar. Yang lebih asyiknya lagi, torsinya juga ternyata lebih besar juga dari klaim pabrik, yakni 692 NM, atau 42 NM lebih besar dari klaim BMW.

Meski besar, tapi sebagai tuning house terkenal, RaceChip kemudian mendongkrak lagi tenaga mesin mobil mereka hingga menyentuh angka 662 HP dan 833 NM.

Tidak sekadar menambah daya kuda, RaceChip juga membuat puncak tenaga selalu tersedia di seluruh putaran mesin. Jadi pengendaranya bisa bermain-main dengan pedal gas untuk sliding atau rolling burnout, ups..

Tak hanya itu, RaceChip juga menguji mobil mereka di jalanan bebas hambatan Autobahn. Dan hasilnya mobil galak itu hanya butuh waktu 7 detik untuk melaju dari 100 kpj ke 200 kpj.

Sebagai pendukung, BMW G80 M3 itu dipasang per Eibach dan juga knalpot Eisenmann. RaceChip menunggu satu tahun untuk dapat memiliki mobil tersebut. Dan hasilnya memang setimpal, dalam kondisi standar saja tenaganya sudah cukup besar dan memiliki potensi yang baik untuk di-tuning.

Kami jadi penasaran, jika dari pabriknya saja mesin S58 sudah menelurkan 553 HP, maka berapa besar tenaga yang dihasilkan oleh M4 CSL dan 3.0 CSL? Mesin 3.000 cc itu kabarnya memiliki 560 HP. (Aldion/BMW Blog)

BMW G80 M3

Baca juga: BMW 3 Series E36, Sedan BMW Terlaris dengan Handling Mantap

 

Share Bimmer Story: