Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

50 Tahun BMW HQ, Simbol Semangat dan Kepemimpinan

50 Tahun BMW HQ
Foto: BMW Group

Bimmer.ID — Tepat setengah abad yang lampau, BMW menyelesaikan pembangunan markas besarnya (headquarters/HQ) yang terletak di Petuelring, Munich, Jerman. Tahun ini, 50 tahun BMW HQ dirayakan. Bangunan bersejarah itu terus menanamkan semangat inovasi tanpa henti bagi BMW Group.

Selayaknya Gereja Santa Maria dan Taman Olimpiade, BMW HQ telah dianggap sebagai ikon kota (landmark) Munich, bahkan Bavaria. Dari kejauhan, siapapun bakal langsung mengenalnya karena desain gedung yang berkarakter.

Dan pada 22 Juli lalu bangunan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-50, sebuah momen sekaligus tonggak bersejarah bagi perusahaan yang telah berusia 106 tahun itu.

Cakram yang Menjulang

Dari sekian banyak usulan desain yang pada saat itu diajukan, ada dua model yang akhirnya dipilih, yakni perpaduan antara konstruksi ‘tumpuk’ konvensional serta gaya futuristik. Dan kemudian terciptalah empat bangunan utama berbentuk silindris setinggi nyaris 100 meter.

Penggalian pondasi dimulai pada 16 Juli 1970, sementara pembangunannya sendiri melibatkan 500 pekerja konstruksi dan 200 orang lainnya yang terdiri dari arsitek, insinyur, serta juru gambar dari 12 negara.

Pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar 109 juta Deutschmarks, atau sekitar Rp. 853 miliar (kalkulasi kurs saat ini). Secara total, markas BMW ini memiliki 18 lantai perkantoran, dua lantai eksekutif, empat lantai teknis, serta lantai dasar dan basement.

Membentuk Masa Depan

Kepala arsitek, Karl Schwanzer, menyelesaikan pembangunan gedung pada 1972, bertepatan dengan digelarnya Olimpiade. Pria asal Wina, Austria, itu bahkan dianggap menciptakan pondasi filosofi arsitektur yang hingga saat ini masih diterapkan BMW.

Schwanzer menggabungkan desain fasad berkonsep tata ruang yang inovatif, fleksibel, serta memiliki daya tarik global untuk Kota Munich dan BMW Group. “(Gedung ini) dibangun untuk membentuk masa depan”, kata Schwanzer kala itu.

Markas besar ini juga menjadi simbol semangat dan kepemimpinan. “Bangunan ini menginspirasi kami,” kata Oliver Zipse, ketua dewan manajemen BMW AG. (Aldion/BMW Group)

Baca juga: BMW Golfsport untuk Pemain Golf Profesional

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge