Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 1 Series F20: Generasi Kedua yang Semakin Modern dan Sporty

BMW 1 Series F20

Bimmer.ID — Beberapa waktu lalu, BMW mendapat kritik mengenai desain BMW 1 Series yang dianggap tidak secantik seri yang terdahulunya. Oleh sebab itu, BMW berbenah dan melakukan facelift pada BMW 1 Series dengan memberikan tampilan baru yang lebih menarik.

Generasi kedua dari BMW 1 Series yang diperkenalkan pada tahun 2011, di Frankfurt Motor Show dan Auto Guangzhou Motor Show ini, terdiri dari hatchback 3-pintu (F21) dan hatchback 5-pintu (F20).

Namun, kali ini yang akan dibahas adalah hatchback 5-pintu, yaitu versi facelift dari pendahulunya BMW E87. Seri 5-pintu ini lebih digemari oleh konsumen Indonesia karena kepraktisan dan harganya yang cukup terjangkau.

Facelift BMW F20: Desain yang Lebih Modern dan Sporty

BMW F20 akhirnya telah melalui prosedur yang panjang dan rumit untuk meningkatkan penampilan dan daya tariknya. Oleh tim desain BMW, penampilan hatchback ini dirombak dan ditambahkan beberapa ‘sentuhan pintar’ pada kabinnya.

Dapat dikatakan, BMW jarang mengeluarkan dua model pembaruan dalam satu siklus produksi, dan hasilnya tentu takkan mengecewakan penggemarnya. Penampilan facelift dari BMW F20 benar-benar memberikan wajah baru bila dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu visual yang modern, sporty, serta percaya diri.

Dengan versi ini, BMW F20 bahkan mengalahkan proyeksi penjualan sebelumnya yaitu hampir dua juta unit BMW 1 Series terjual di seluruh dunia selama 1 dekade terakhir.

Exterior. Versi pembaharuan dari BMW F20 bisa langsung dilihat seperti pada desain lampu depan, Kidney Grille, lampu belakang dan bumper yang baru sehingga membuatnya sangat berbeda. Ditambah dengan tampilan yang sporty, mobil ini nampak lebih bergaya dan premium.

Interior. Bila kita masuk ke bagian dalamnya, secara desain memang tak ada perubahan yang signifikan, tetapi fitur dan kualitas material seperti bahan pelapis jok menggunakan bahan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Selain itu, terdapat kontrol radio dan climate control, konsol berwarna hitam mengkilap dan setir baru.

Kelengkapan interiornya juga cukup banyak, mulai dari AC otomatis, sensor hujan, BMW Radio Professional dan sistem infotainment iDrive 6,5 inci. Jika layar 6,5 inci dirasa masih kurang, tersedia opsi layar 8,8 inci yang juga dilengkapi fitur navigasi.

BMW F20

Pembaharuan Mesin BMW F20

Model BMW F20 kali ini hadir dengan line-up mesin yang telah direvisi secara komprehensif serta mesin yang dirancang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Tak hanya itu, BMW F20 menggunakan penggerak roda belakang yang membuat ia menjadi satu-satunya hatchback yang masih menggunakan konfigurasi penggerak roda belakang. Ini salah satu alasan untuk nilai jualnya.

BMW F20 dibekali dengan kekuatan mesin bensin empat-silinder dan enam-silinder terbaru dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Pada tahun 2015, untuk pertama kalinya BMW menawarkan pilihan 116d bermesin diesel 1.500 cc tiga-silinder dengan teknologi Efficient-Dynamics yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi.

Pada mesin yang sedikit lebih besar yaitu 2.0 L dengan empat-silinder turbo, kini pilihannya makin banyak seperti pada versi mesin diesel terdapat varian model 118d (141 hp), 120d xDrive (188 hp) dan 125d (221 hp), sementara versi mesin bensin terdapat model 118i (134 hp), 120i (181 hp) dan 125i (221 hp).

Sedangkan untuk versi terkencang dari BMW F20 terdapat model M135i xDrive yang berkekuatan hingga 322 hp dan kini versi M135i digantikan dengan model M140i dengan mesin bensin 3.0 L enam-silinder (336 hp) dengan torsi sebesar 500 Nm..

Dengan menggabungkan lini mesin menjadi xDrive pada model-model terbaru, BMW F20 menyediakan semua yang Anda perlukan, kinerja dan hemat bahan bakar. (Ivy/yollis/Berbagai Sumber/Foto: AutoEvolution/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 1 Series lainnya

 

Video BMW 1 Series F20 | Tahun Produksi: 2011 – 2019

Instagram BMW 1 Series F20/F21

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW 1 Series F20/F21 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWf20, #BMWf21

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: