Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 1 Series F40: Hatchback Lincah dengan Kabin Lega

BMW 1 Series F40

Bimmer.ID — Akhirnya, generasi ketiga BMW 1 Series yang sudah banyak dinanti hadir di tahun 2019. Tampak perubahan besar terjadi pada BMW 1 Series F40. Selain memakai roda penggerak depan, mobil ini mempertegas dirinya sebagai hatchback 5 pintu.

Pilihan memakai roda penggerak depan ini mungkin mengejutkan bagi sebagian kalangan. Akan tetapi, BMW yakin sistem tersebut membuat manuver gerakannya lebih lincah dan dinamis.

Kejutan lainnya, hatchback ini disebut mobil BMW berbahan bensin pertama yang memakai teknologi ARB (actuator contiguous wheel slip limitation). Manfaatnya diklaim dapat mengurangi gejala understeer yang sering dialami mobil berpenggerak roda depan. Ditambah dengan benaman teknologi BMW Performance Control, mobil ini diyakini bakal mulus saat menikung.

Interior Nyaman dan Lega

Di dashboard BMW F40, tersemat layar ganda berukuran 10,25 inch yang dijalankan dengan menggunakan BMW Operating System 7.0. Dengan sistem tersebut, pengemudi bisa memanfaatkan aneka fitur yang tersedia, seperti parking assistant, BMW Intelligent Personal Assistant, dan kunci digital BMW.

Di bawah layar infotainment, terdapat ventilasi udara yang didesain ulang lebih ramping. Selain itu, konfigurasi dashboard pun didesain lebih simple sehingga nyaman terlihat.

Pada bagian konsol tengah, terdapat tuas persneling, tombol start / stop, mode drive, iDrive Touch Controller, dan tombol lainnya. Bagi Anda yang terbiasa mengendarai BMW, pasti tidak asing untuk menggunakannya. Perubahan lainnya juga terlihat pada setir kemudi yang dirombak lebih menarik.

Patut diakui, bagian kabin F40 lebih lega dibanding model sebelumnya. Ruang lutut dan ruang kepala terasa lebih bebas bergerak. Belum lagi jika beralih ke bagian bagasi. Bagasi hatchback ini memiliki kapasitas sampai 380 liter. Jika jok belakang dilipat, bahkan ruang kosong yang tersedia bisa meningkat hingga 1.200 liter.

Eksterior

Hatchback ini memiliki panjang 4.319 mm, lebar 1.799 mm, dan tinggi 1.434.mm. Jarak sumbu rodanya adalah 2.670 mm. Dibandingkan generasi kedua BMW F20, BMW F40 memang 5mm lebih pendek. Namun, hatchback ini lebih lebar 34 mm dan lebih tinggi 13mm. Sedang jarak sumbu roda lebih pendek 20mm.

Mobil ini diklaim lebih lincah dalam bergerak. Salah satu penyebabnya karena penggunaan material yang lebih ringan. Ini membuat bobot mobil ini pun 30 kg lebih ringan dibanding versi terdahulu.

BMW 1 Series F40 ini nantinya menggunakan headlamp dengan desain yang lebih baik. Lampu tersebut berisi halogen serta lampu LED. Dilihat dari sisi belakang, mobil ini terlihat lebih ramping. Walau begitu, desain eksterior keseluruhan mobil ini terlihat serasi.

Meski bertipe hatchback, tapi BMW berhasil mendesain mobil ini secara sporty. Tampak pada bagian bumper depan dan belakang yang terlihat agresif. Apalagi juga terdapat hidung hiu yang menonjol pada bagian atas mobil ini.

Menurut rencana, hatchback ini nantinya menggunakan mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Mesin diesel memiliki kapasitas 1,5 liter dengan jenis mesin tiga silinder turbo diesel berkekuatan  116 PS (114 hp) dan torsi 270 Nm. Tipe ini menyediakan transmisi manual enam percepatan dan kopling ganda tujuh percepatan.

Sedangkan mesin bensin empat silinder menggunakan jenis TwinPower Turbo 2.0 liter yang dapat menghasilkan tenaga 306 hp dan 450 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak dan mampu melakukan akselerasi tinggi. Untuk kecepatan 0-100 km / jam dapat dicapai hanya dalam 4,8 detik saja. Hatchback ini pun bisa dipakai ngebut hingga kecepatan maksimal 250 km / jam.

BMW F40 telah dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2019, dan diperkenalkan dalam acara BMW Group #NEXTGen yang berlangsung di Munich pada 25 sampai 27 Juni 2019 lalu. Sementara itu, untuk peluncuran model terbaru BMW ini direncanakan pada 28 September 2019.

Tak sabar untuk memilikinya? Tunggu saja saat mobil terbaru BMW ini beredar di Indonesia. (Azmi/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Video: BMW )

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 1 Series lainnya

 

Video BMW 1 Series F40 | Tahun Produksi: 2019 – Sekarang

Gallery Instagram BMW 1 Series F40

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW 1 Series F40 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWf40 dan #BMW1Series.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: