Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 6 Series F06: Elegan dan Berlimpah Kemewahan

BMW 6 Series F06

Bimmer.ID — Pada tahun 2011, BMW meremajakan jajaran 6 Series yang masuk dalam kelas Grand Tourer (S) dengan meluncurkan model terbarunya, yaitu F12 convertible dan F13 coupe dua-pintu. Lalu, pada 2012 menyusul BMW F06 Gran Coupe yang bermodel sedan empat-pintu. Ketiga model ini membawa tongkat estafet sebagai generasi ketiga, setelah tipe E 63/E 64 berhenti diproduksi pada 2010.

Di masa awalnya, model BMW tersebut hanya mencakup tipe 640i 6-silinder 320 HP dan 650i V-8 450 HP untuk mesin bensin, sementara untuk mesin diesel menyandang tipe 640d 6-silinder 313 HP. Semua tipe tersebut berpenggerak roda belakang dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Facelift: Metode Upgrading Andal

Tahun produksi keempat adalah tahun penting bagi BMW. Lini 6 Series bergerak dari premium coupe ke arah segmen luxury. Wujud konkretnya adalah penyegaran rancangan pada semua model 6 Series mereka  untuk penjualan di tahun 2016.

Facelift dilakukan mulai pada fitur-fitur standar, seperti eksterior yang mencakup beberapa warna baru, desain roda, tutup mesin, dan lampu-lampu. Untuk menghadapi kabut, terdapat headlamp adaptif dan lampu sein pada spion. Pelapis interior berbahan kulit juga menjadi standar. Ditambah sistem audio HiFi dari Bang and Olufsen, piranti navigasi satelit, layar 10,2 inci dan rear-view camera didukung hard drive berkapasitas 200 GB.

M6: Versi Spesial

Perubahan mencolok terdapat pada versi khusus, seperti M6 dan diluncurkannya versi Alpina B6 Gran Coupe yang sejak awal konsisten dengan xDrive all wheels drive. Tak hanya interior dan eksterior, tapi juga merambah pada mesin. Paket kompetisi opsional bisa dipilih untuk mendongkrak tenaga mesin hingga 600 HP.

Versi M6 ini diproduksi dalam coupe empat-pintu (F06), coupe (F13), dan convertible (F12). Tenaga dipasok oleh V-8 4,4 liter twin-turbo 560 HP yang dihantarkan transmisi dual-clutch 7-percepatan, kecuali di Amerika Serikat yang tersedia juga 6 percepatan manual.

Selain itu, pada semua model tersedia pilihan dengan sistem penggerak xDrive AWD, kecuali pada tipe M6 yang total dengan RWD. Tahun-tahun setelahnya pun, pihak BMW tetap melakukan beberapa upgrading walau tidak sebanyak sebelumnya.

BMW 6 Series F06

Fitur dan Piranti Canggih

Sistem xDrive. Sistem yang mengubah rasio distribusi daya dari mesin ke sumbu roda depan dan belakang yang umumnya 40:60. Sistem ini mampu mendeteksi selip pada roda akibat kondisi jalan juga terkait cuaca, sehingga mampu mengoptimalkan daya dengan menyalurkannya pada sumbu roda. Hal ini membuatnya memiliki daya cengkeram dan mengurangi daya pada roda yang mengalami selip.

Electronically Adjustable Dampers. Istilah fitur ini disebut juga sebagai “magnetorheological shock absorber”. Piranti ini bekerja dengan peredam yang berisi cairan magnetorheological yang mengendalikan medan magnet lewat daya elektromagnetik. Hal ini menciptakan kemampuan untuk terus-menerus mengendalikan karakter suspensi dalam menyerap dan meredam getaran, kejutan, dan hentakan.

Cara kerja sistem ini adalah dengan mengubah intensitas kekuatan elektromagnetik yang berefek pada perubahan kekentalan cairan tersebut, karena keberadaan partikel logam di dalamnya.

Kesimpulan

BMW F06, F12, dan F13 yang berjati diri sebagai Grand Tourer, walaupun berpostur besar dan berbobot nyaris dua ton, dengan mesin 6-silindernya pun bisa dipastikan tetap surplus daya akselerasi dan keseimbangan antara kestabilan, kenyamanan, dan keamanan dalam melaju di jalan raya.

Generasi ketiga dari BMW 6 Series ini memiliki beberapa model, di antaranya versi 640i (N55B30), 650i (N63B44/N63TUB44), M6 (S63B44TO), dan versi Alpina B6 — Gran Coupe (N63M2/1-2).

Baca juga: Artikel lengkap tentang BMW 6 Series lainnya

 

Video BMW 6 Series F06/F12/F13 | Tahun Produksi: 2011 – 2018.

Instagram BMW 6 Series F06/F12/F13

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW F06/F12/F13 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #F06, #BMWf06, #BMWf12, dan #BMWf13.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

(Gianni/yollis/Berbagai Sumber/Foto: AutoEvolution/AutoRambler/Video: BMW)

 

Share this Story: