Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW Alpina XB7, lebih Mahal dan Bertenaga

BMW Alpina XB7
Foto: Alpina via Caranddriver.com

Bimmer.ID — BMW dan Alpina akhirnya merilis sekaligus memperkenalkan SUV terbesar mereka yang lebih bertenaga, yakni XB7.

Versi high performance dari BMW X7 ini menjadi model termahal dan paling bertenaga. BMW Alpina XB7 ini tetap menggunakan mesin serupa dari X7 M60i, tetapi dengan settingan yang jauh lebih mumpuni.

Mesin berkonfigurasi V8 twin turbo 4.400 cc yang disematkan pada XB7, menghasilkan tenaga 630 HP, sementara torsinya tetap sama di angka 590 pound-feet. Puncak torsi berada di kisaran 1.800 hingga 5.600 rpm.

BMW Alpina XB7 Grill
Foto: Alpina via Caranddriver.com

Akselerasi tinggi

Mesin V8 BMW X7 terbaru memiliki baterai hibrida 48 volt guna membantu efisiensi serta responsivitas mesin. Khusus untuk BMW XB7, ada sistem pendinginan mesin yang unik.

Mesin penggeraknya dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan, termasuk generator starter 48 volt.

Mobil ini juga berpenggerak empat roda dengan limited-slip differential elektrik yang dipasang di as roda belakangnya.

BMW mengklaim jika XB7 dapat berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 3,9 detik. Dan hanya membutuhkan waktu 12,4 detik untuk menyelesaikan drag race sepanjang 402 meter.

Kecepatan puncaknya bisa mencapai nyaris 300 kpj dengan menggunakan velg 21 inci dan ban khusus yang merupakan bagian dari paket performance. Ini cukup mengagumkan, mengingat mobil tersebut berbobot nyaris 3 ton.

BMW Alpina XB7 Interior
Foto: Alpina via Carnanddriver.com

Suspensi pintar

BMW Alpina XB7 dipasangkan suspensi udara dengan shock unik dari Alpina. SUV ini dapat menaikkan ketinggiannya sebanyak 1,6 inci saat berjalan di bawah kecepatan 19 mph.

Dalam mode Sport, atau ketika berkendara di atas 140 kpj, mobil ini akan secara otomatis menurunkan ketinggiannya hingga 0,8 inci.

Sementara dalam mode Sport+, atau di atas kecepatan 155 mph, ketinggian mobil otomatis berkurang hingga 1,6 inci.

BMW juga menyebut jika mobil versi Alpina ini memiliki torsion strut, bushing lebih keras, dan anti-roll bars elektromekanik, agar bodi mobil lebih kaku dan stabil juga mengurangi body-roll.

Bagian pengereman dipasangkan cakram berukuran 15,5 inci di depan dan cakram 15,7 inci di bagian belakang dengan floating calipers buatan Brembo yang dicat berwarna biru bertuliskan “Alpina” berwarna putih.

BMW Alpina XB7
Foto: Alpina via Caranddriver.com

Eksterior sporty

BMW Alpina XB7 tersedia dengan dua pilihan velg, yakni velg Dynamic 21 inci yang dibalut ban all season berukuran 285.

Sementara velg Classic 23 inci dengan 20 spokes yang dibalut ban Pirelli adalah standar pabrikan. Ukuran depan 285, sementara bagian belakangnya berukuran 325.

Beberapa perubahan lainnya pada VB7 adalah bemper depan yang memiliki air intake dan bemper belakang sewarna bodi

Di bagian interiornya, terdapat tombol kontrol infotainment tumpuk dari kaca, penanda transmisi berwarna biru, sil pintu berlampu, dan juga stir dengan balutan kulit dan jahitan berwarna biru hijau.

Gauge clusternya berwarna lampu Alpina Blue, dan berubah menjadi hijau di mode Sport atau Sport+. Pilihan trim adalah Myrtle Luxury wood, Piano lacquer, atau Natural Walnut Anthracite.

Untuk harga, BMW Alpina XB7 dibuka di angka US$145,995, atau sekitar Rp2,1 miliar, di Amerika Serikat. Unit akan mulai dijual pada awal tahun 2023. (Aldion/Car and Driver)

Baca juga: Melaju Kencang bersama BMW Motorsport

 

Share Bimmer Story: