Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

BMW Motorsport

Bimmer.ID — Dengan pengalaman lebih dari seratus tahun, BMW bisa membuat apa saja yang bisa Anda bayangkan. Berbagai mesin pesawat terbang, mesin kapal, suku cadang kereta api, motor, hingga beragam inovasi mobil sudah pernah diproduksi oleh BMW. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh BMW adalah BMW Motorsport atau BMW seri M. Berikut adalah info BMW Motorsport yang menarik untuk Anda ketahui.

Masuk ke Jalur Cepat Bersama BMW

BMW Motorsport dan sejarahnya di sirkuit balap mobil dimulai sejak tahun 1930-an. Ketika itu, BMW memenangkan beberapa kompetisi seperti Mille Miglia dan 24 Hour Le Mans dengan menggunakan BMW 328. Sejak itu, BMW memiliki prestise sebagai produsen mobil sport yang mumpuni.

Pembentukan resmi BMW divisi M pada tahun 1970 menghasilkan BMW 3.0 CSL pada tahun 1972. Mobil dengan mesin berkapasitas 3.003 cc tersebut memiliki body yang lebih ringan sehingga dapat dipacu hingga kecepatan 155 mil per jam – angka yang luar biasa untuk mobil pada masa itu.

Beberapa tahun setelahnya, terlahirlah BMW M1, BMW M3, dan BMW M3 DTM yang memenangkan beberapa ajang bergengsi di negara-negara seperti Jerman, Inggris, Italia, Jepang, hingga Australia. Di tahun 1980-an, BMW mulai meluncurkan mobil balap bertenaga turbo dan mencoba beberapa kelas balap dengan sederet kemenangan.

Bukan hanya di arena balap, BMW juga meluncurkan produksi BMW seri M untuk pemakaian di jalan. Di tahun 1979, BMW M5351i tersedia untuk umum dengan daya sebesar 215 bhp yang diproduksi dari mesin berukuran 3,5 liter. Bukan hanya itu, M3 juga dilengkapi dengan sistem transmisi close ratio yang memberikan perpindahan persneling yang lebih stabil.

Semua Berawal dari Nurburgring Race Track

Semua inovasi serta kemenangan yang diraih oleh BMW tidak lepas dari Nurburgring Race Track, sebuah sirkuit yang terletak di Nurburg, Jerman Barat. Sirkuit sepanjang 5.148 kilometer ini menjadi tempat pertama BMW menguji performa mobil-mobil dengan mesin supernya.

Dengan trek yang panjang, Nurburgring Race Track memiliki ratusan tikungan dengan berbagai kecuraman. Ini memberikan keuntungan sendiri bagi mobil-mobil keluaran BMW. Setelah melewati trek yang panjang dan sulit di Nurburgring, nampaknya tidak ada trek lain yang terlalu sulit untuk dilewati.

Dukungan BMW Motorsport untuk McLaren

Kesuksesan McLaren di arena Formula One atau F1 ternyata tidak lepas dari teknologi yang dihasilkan oleh BMW Motorsport. Pada tahun 1995, McLaren bersaing dengan Ferrari dan Porsche menggunakan mesin BMW S70/2. Mesin yang diciptakan oleh Paul Rosche dari BMW Motorsport ini dipercaya sebagai salah satu mesin mobil balap terbaik sepanjang masa.

Mengusung mesin berkapasitas lebih dari 6.000 cc, mesin BMW S70/2 dapat menghasilkan tenaga hingga 627 hp. Tenaga yang besar tersebut juga didukung oleh V12 DOHC atau mesin dengan 12 silinder. Bersama BMW, McLaren berhasil memenangkan BPR GT Global Series dua tahun berturut-turut.

BMW Motorsport telah menghasilkan mesin-mesin terbaik di dunia. Teknologi terakhir dari divisi ini adalah M4 yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada akhir tahun 2017 kemarin. Dengan pengalaman lebih dari tiga dekade, BMW Motorsport nampaknya selalu siap untuk memberikan kejutan bagi para pencinta kecepatan (Finna/ymn/Berbagai Sumber/Foto: mikeshouts.com)

Baca juga: Mengenal Museum BMW dan Koleksi Bersejarahnya

 

The Duel: BMW Motorsport

Instagram BMW Motorsport

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh Official BMW Motorsport. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan akun resmi @BMWmotorsport.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: