Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW E39 M5 Camera Car ini Tugasnya Mengejar Supercar!

Bimmer.ID — Ketangguhan dan kecepatan BMW E39 M5 tak perlu diragukan lagi, hal itulah yang membuat Jeremy Heslup tertarik menyulapnya menjadi camera car untuk mengejar kendaraan eksotis dalam kecepatan tinggi.

Jeremy Heslup merupakan pembuat film, sutradara, sekaligus eksekutif produser dari Valkyr Productions. Perusahaan itu biasa membuat film atau dokumentar tentang supercar.

Dikutip dari laman The Drive, Selasa (14/7/2020), Heslup memilih BMW E39 M5 lansiran 2002 untuk dijadikan chase car karena kendaraan lamanya tak mampu lagi menjalankan tugas berat itu.

Awalnya Heslup menggunakan sebuah SUV untuk melakukan rolling shot terhadap kendaraan para kliennya. Namun, seiring berjalannya waktu, kendaraan yang harus ia filmkan juga semakin kencang, beberapa di antaranya adalah Ferrari dan Porsche.

Ia bisa saja menyewa sejumlah mobil kencang lainnya, seperti Mercedes AMG atau Ferrari. Tetapi biayanya sangat mahal, yakni US$10.000 (sekitar Rp146 juta) per hari!. Akhirnya ia memutuskan untuk membeli mobil yang lebih mumpuni untuk menggantikan SUV-nya.

Bingung memilih kendaraan yang cocok, tanpa sengaja ia melihat sebuah BMW E39 M5 berwarna hitam yang sedang dijual. Akhirnya ia memutuskan membeli mobil tersebut, meski odometernya telah menunjukkan jarak 200.000 mil, atau 322.000 kilometer.

Meski jarak tempuhnya tinggi, Heslup tak memedulikannya dan langsung menyematkan berbagai perlengkapan syuting, seperti Alexa Mini-cam, Flowcine Black Arm, DJI Ronin 2 stabilization system dan lain sebagainya.

Tak lupa ia memberikan mobil barunya itu nama, yaitu The Bavarian Ranch Hand. M5 tangguh itu dioperasikan oleh dua orang yang bertugas sebagai driver dan cameraman.

Tugas yang sangat berat

Dengan peralatan yang begitu banyak, The Bavarian Ranch Hand memiliki tugas yang sangat berat merekam video sembari mengejar mobil kliennya di berbagai lokasi. Tempat favorit untuk mengambil gambar tentu saja di jalan raya dan sirkuit dalam kecepatan rata-rata 130 mph (209 kilometer per jam).

Tapi ternyata sedan E39 M5 milik Heslup itu tak pernah mengalami masalah. Mesin S62 berkonfigurasi V8 4.900 cc-nya masih mampu mengimbangi supercar. Meski mobilnya mampu, apakah sopirnya memiliki kemampuan berkendara yang baik juga?

Nah, untuk dapat mengendalikan The Bavarian Ranch Hand, Heslup sempat mengikuti latihan stunt driving kepada Rick Seaman. Seaman merupakan pemilik sekolah mengemudi Motion Picture Driving Clinic yang juga mengajarkan bintang film Fast and Furious, Vin Diesel, bagaimana caranya mengemudi sesuai kebutuhan film.

Tak hanya supercar, sedan milik Heslup ini bahkan pernah merekam aksi beberapa hypercar bertenaga buas seperti Czinger 21C Lightweight di Sirkuit Laguna Seca. Hypercar hibrida bertenaga listrik dan mesin V8 twin turbo 2.900 cc itu mampu mengeluarkan daya 1.233 HP di keempat rodanya.

Tugas Heslup dan E39-nya di sini adalah untuk merekam pencapaian Czinger 21C Lightweight dalam memecahkan rekor kecepatan di sirkuit tersebut. Luar biasa! Tak salah, jika BMW E39 M5 camera car milik Heslup menjalankan tugasnya mirip iklan mobil tersebut, yang dirilis oleh BMW bertahun yang lalu. Seperti yang dapat Anda saksikan di bawah ini. (Aldion Wirasenjaya/Foto: TheDrive)

Video BMW E39 M5 Camera Car 

 

Baca juga: Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

 

Share Bimmer Story: