Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M8 GTE Juara Balap Daytona ini bakal Dijual, Tertarik Membeli?

BMW M8 GTE
Foto: BMW Blog

Bimmer.ID — BMW ///Motorsport dan BMW of North America dikabarkan sedang mempersiapkan paket spesial jelang ulang tahun ke-50 BMW ///Motorsport yang bakal digelar di Rolex Monterey Motorsport Reunion, yaitu BMW M8 GTE.

Di acara itu, BMW akan menjual BMW M8 GTE Nomor 24 yang menjuarai balap Rolex 24 kelas GTLM di Sirkuit Daytona pada tahun 2020. BMW M8 GTE bernomor sasis 1809 itu akan dipajang di garasi BMW USA Classic di Sirkuit Laguna Seca pada 17-20 Agustus.

“BMW memiliki sejarah yang membanggakan dalam menjaga serta memamerkan mobil-mobil balapnya, baik di Munich maupun Amerika Utara,” kata Thomas Plucinsky, manajer klasik BMW Amerika Serikat.

“Hanya tinggal sedikit mobil balap pabrikan yang masih dimiliki oleh BMW dalam beberapa tahun terakhir,” lanjutnya, menerangkan bahwa kebanyakan mobil balap mereka banyak yang sudah berpindah tangan ke kolektor dan penggemar.

Uang bukan masalah

BMW M8 GTE ini merepresentasikan sebuah kegemilangan engineering masterpiece yang tak bisa dinilai hanya dari uang. Pemilik baru mobil balap ini nantinya akan menjadi penjaga salah satu sejarah penting BMW di Amerika Serikat.

Namun demikian, memang tidak disebutkan berapa harga mobil ini saat mulai ditawarkan. Yang pasti tidak akan murah.

“Pemiliknya nanti dapat mengandalkan dukungan dari BMW guna memastikan kondisinya dan nilai nya ke level yang paling tinggi,” kata Plucinsky lagi.

“Sasis nomor 1809 merupakan landasan luar biasa dalam pembangunan mobil balap yang disiapkan untuk musim 2020. Mobil ini juga langsung memenangi balapan pertamanya –Rolex 24 At Daytona– dengan pebalap John Edwards, Augusto Farfus, Jesse Krohn, dan Chaz Mostert,” kata Victor Leleu, Manajer penjualan kendaraan eksperimental yang juga mantan manajer BMW NA Motorsport.

Menurut Leleu, BMW M8 GTE memulai balapan dengan tidak terlalu baik. Tetapi akhirnya malah menjadi juara dengan mengantongi lima podium finish yang kemudian membantu BMW dan BMW M Team RLL memenangi peringkat kedua di ajang Michelin Endurance Cup kelas GTLM. Mobil itu juga turun lagi di balapan Rolex 24 tahun 2021 dan berhasil meraih juara ketiga.

Mesin balap BMW paling efisien

BMW M8 GTE dikembangkan sedikit lebih baik di atas model standarnya yang beredar di pasaran. Saat akan dibangun, tercatat ada sekitar 500 gambar yang digunakan untuk mesinnya saja.

Dan hasilnya terciptalah mesin BMW paling efisien yang pernah dibangun oleh BMW Motorsport, yakni mesin berkode P63/1 yang mampu menelurkan 600 HP.

P63/1 dibuat dengan menggunakan basis mesin S63T4 dari BMW F90 M5. Terlepas dari suku cadangnya yang sesuai regulasi balap, mesin BMW M8 GTE ini memiliki lebih dari 2.300 komponen, termasuk 985 suku cadang unik yang dibuat khusus.

Para insinyur BMW menurunkan kapasitas mesinnya dari 4,4 liter menjadi 4 liter agar selaras dengan regulasi kelas GTE. Desain baru kruk as nya berbentuk rata, sehingga membuat mesin itu memiliki keunggulan dalam hal urutan pengapian serta menimbulkan suara mesin yang lebih sporty.

Dalam hal desain, mobil ini agak berbeda dari M8 standar versi jalan raya. Mobil ini juga sering menuai pujian karena modelnya yang sangat bagus. Bahkan lebih cantik dari BMW M6 GT3 yang mendahuluinya.

Jika dompet Anda tebal dan sedang mencari sebuah mobil balap canggih yang menorehkan sejarah, maka BMW M8 GTE ini bisa dipertimbangkan untuk dipinang. (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Sejarah Panjang Morris Mini hingga Mini Cooper

 

Share Bimmer Story: