Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW Siap Mematenkan Cat Pintar pada Mobil Barunya

Cat Pintar
Foto: Piccinng -Pexels.com

Bimmer.ID — BMW bakal segera mematenkan teknologi termutakhirnya berupa cat pintar yang dapat memberitahu pengendara jika terdapat goresan di permukaan mobil. Seperti apa teknologi cat pintar yang diusung BMW Group?

Lapisan film yang disebut conductive scratch-sensitive skin ini mengandung aliran listrik dan dapat mendeteksi tusukan atau goresan yang merubah kondisi permukaan cat.

Dari laporan yang beredar, surat paten tersebut mengindikasikan jika sistem baru itu berasal dari China.

Seperti diketahui, kota-kota besar di China sangat padat. Infrastruktur di ‘Negeri Tirai Bambu’ itu kewalahan menampung besarnya peningkatan jumlah kendaraan di jalan raya.

Hal itu berimbas pada sempitnya tempat parkir serta kondisi berkendara di jalanan. Maka demikian, semakin tinggi pula kemungkinan kendaraan untuk tergores permukaan catnya.

Cat Pintar

Cat Pintar BMW
Foto: via team-bhp.com

BMW segera mematenkan cat pintar conductive scratch-sensitive skin ini untuk memperingatkan pengendara jika terjadi goresan pada permukaan cat mobilnya.

Perubahan arus listrik yang terdapat pada sistem itu memungkinkan berbagai kamera untuk mencoba menangkap gambar apa yang menyebabkan terjadinya goresan.

Detail bagaimana sistem di kendaraan itu akan memperingatkan pengendaranya disebut sangat bervariasi.

Menurut laporan, jika sedang dalam keadaan bergerak, maka kendaraan itu akan memperingatkan pengemudi melalui petunjuk audio visual.

Namun, jika goresan terjadi ketika kendaraan sedang terparkir, maka peringatan jarak jauh akan segera terkirim kepada pengendara melalui ponsel.

Banyak laporan yang menyebut jika BMW bakal memiliki paten teknologi ini. Namun begitu, bukan berarti kendaraan di masa depan akan disematkan teknologi tersebut. (Aldion/The Drive)

Baca juga: Film Pendek Perdana dari BMW Astra

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge