Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW X6 Series E71: Pelopor Luxury Crossover SUV dari BMW

BMW X6 Series E71

Bimmer.ID — BMW X6 Series E71 adalah luxury crossover SUV 5-pintu. Saat pertama kali diluncurkan, pada April 2008, mobil yang disebut BMW sebagai Sports Activity Coupe (SAC) ini, sukses mengejutkan dunia otomotif.

Pasalnya, saat itu E71 dianggap membawa aliran yang benar-benar baru. Mobil ini menggabungkan fitur yang dimiliki oleh sebuah Sports Utility Vehicle (SUV) – dari segi ukuran, ground clearance, roda besar, dan kabin yang luas, dengan coupe yang memiliki ciri khas lekukan belakang yang landai.

Sejarah dan Kontroversi

Pengembangan E71 dimulai pada tahun 2003 di bawah arahan Peter Tuennermann. Hal itu terjadi tak lama setelah dimulainya pengembangan BMW X5 E70 pada tahun 2001.

Produksi mobil lalu dilakukan pada 3 Desember 2007 di pabrik BMW seluruh dunia, yaitu Kaliningrad (Rusia), Greer, dan South Carolina (Amerika Serikat).

Model konsep dari generasi pertama seri X6 juga sempat melakukan debut di Frankfurt Auto Show 2007. Hingga setahun berikutnya, pada 2008, model produksi E71 secara resmi diluncurkan di ajang North American International Auto Show di Detroit, dan di Montreal International Auto Show.

Senasib dengan pendahulunya (BMW X5), E71 juga menerima respons yang skeptis di awal. Konsep desain dari mobil berpenggerak empat roda ini dianggap nyeleneh. Namun kenyataannya, asumsi itu tidak terbukti.

Seri X6 generasi pertama justru menjadi sangat populer di Timur Tengah dan Rusia, serta di beberapa bagian Amerika.

Fitur Andalan: Dynamic Performance Control

Menurut jenis mesin, generasi pertama seri X6 (E71) terbagi dalam dua model, yaitu diesel dan bensin. Varian mesin bensin meliputi xDrive35i (N54) N54B30, xDrive35i (N55) N55B30, xDrive50i N63B44, dan ActiveHybrid N63B44. Sedangkan untuk mesin diesel, terdiri dari xDrive30d (M57) M57D30TÜ2, xDrive30d (N57) N57D30OL, xDrive35d M57D30TÜ2, xDrive40d N57D30TOP, dan M50d N57S.

Seri X6 juga menjadi mobil pertama BMW yang menggunakan sistem Dynamic Performance Control (DPC). Fungsinya untuk menghasilkan sistem kontrol kemudi dan sasis yang baik, terutama untuk mobil xDrive all-wheel drive.

Dalam praktiknya, sistem Dynamic Performance Control akan menyalurkan daya antara roda belakang kanan dan kiri. Tujuannya untuk menyeimbangkan kendaraan dalam hitungan milidetik, serta membantu meningkatkan traksi dan akselerasi.

Penerapan fitur ini akan membuat handling jadi lebih ringan dan presisi, baik itu saat kondisi mengemudi yang normal maupun sulit.

Selain sistem DPC, mobil sporty mewah ini juga dilengkapi fitur keselamatan standar meliputi hill descent control (kontrol kecepatan di jalan turunan), dynamic stability control (DSC-berfungsi ketika pengemudi melakukan manuver atau belok mendadak), kontrol traksi dan rem, sensor ABS 4-roda, serta sistem perlindungan kepala depan dan belakang.

BMW X6 Series E71 hadir untuk Anda yang mengidamkan luxury SUV dengan desain artistik dan fitur canggih. Mobil ini tentunya akan jadi partner yang tangguh saat dipakai menempuh perjalanan jauh. (Destriana/ymn/Berbagai Sumber/Foto: MotorAuthority /Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW X6 Series lainnya

 

Video BMW X6 Series E71 | Tahun Produksi: 2008 – 2014

Instagram Gallery BMW X6 E71

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: