Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 4 Series F32: Coupe Premium yang Nyaman dan Sporty

BMW 4 Series F32

Bimmer.ID — BMW 4 Series F32 generasi pertama diluncurkan pada 2014. Didesain sebagai mobil eksekutif compact, mobil ini menjadi pengganti dari model E92 dan E93. BMW 4 Series memiliki beberapa kode model yakni F32 yang berupa coupe 2 pintu, F33 jenis convertible 2 pintu, dan F36 dengan 4 pintu.

Seperti mobil Seri F30 lainnya, sedan ini ada yang menggunakan mesin bensin dan diesel dengan 3 silinder, 4 silinder dan 6 silinder.

BMW F32 memiliki banyak model. Saat pertama kali dirilis, keluar model 428i, 435i bensin, dan 420d diesel. Selanjutnya, disusul dengan model 420i, 420d, 425d, 430d, 435d, dan 418d. Mayoritas model coupe ini sudah didukung dengan xDrive.

Sementara BMW F33 didesain sebagai mobil convertible. Kali pertama diluncurkan, model yang muncul adalah 428i dan 435i bensin, serta 420d diesel. Lalu, untuk BMW Gran Coupe F36 yang pertama muncul adalah model 420i, 428i, 435i bensin; serta 418d dan 420d diesel.

Kelebihan F32/F33/F36

Beberapa keunggulan BMW F32 meliputi sasis halus, mesin canggih, dan interior berkelas. Hal tersebut menjadikannya sebagai mobil pilihan terbaik di segmen coupe kecil premium. Dibandingkan dengan kompetitornya, mobil ini menjadi favorit.

Jika ingin desain yang lebih sporty, BMW 4 Series memiliki model M Sport. Lekuk body yang lebih agresif, roda besar, dengan mesin turbodiesel empat silinder menjadikannya mobil sport idaman. Walau sebagai mobil sport, namun emisi CO2-nya terhitung rendah. Hal itu menjadi nilai lebih lainnya.

Dilihat dari ukurannya, coupe ini menawarkan ukuran yang pas. Mobil ini juga memiliki visibilitas yang baik bagi pengemudi. Walau mungkin kurang cocok untuk digunakan sehari-hari, tapi mobil ini tepat untuk dijadikan koleksi; atau setidaknya dipakai saat akhir pekan tiba.

BMW 4 Series F32 memiliki banyak model unggulan. Untuk yang bermesin diesel, model 420d menjadi favorit. Pilihan lainnya untuk mesin diesel, ada model 435d yang dikenal tangguh dalam segala kondisi. Sedang untuk yang bermesin bensin, model 440i cukup banyak disukai.

Aman dan Mantap

BMW F32 memiliki performa yang baik. Kalau sekadar untuk melaju kencang atau menikung dengan mulus, mobil ini sanggup melakukannya dengan sempurna. Mobil ini terasa begitu seimbang. Hal ini karena bobot 50:50 terdistribusi sempurna di as depan dan belakang.

BMW 4 Series sempat mengalami facelift pada 2017. Peningkatan terutama dilakukan pada bagian kemudi, suspensi dan ABS. Ini menjadikan performa dan kenyamanan mengemudi meningkat. Walau bagi sebagian orang, peningkatan tersebut mungkin terasa masih kurang memuaskan.

Secara umum, saat dikendarai, mobil ini terasa halus. Suspensinya pun oke. Desainnya tetap terlihat elegan dan tidak berlebihan.

Interior

Kabin BMW 4 Series F32 mendekati sempurna. Saat berada di jok pengemudi, dengan posisi duduk yang rendah, kaki bisa leluasa lurus ke depan, dengan setir yang siap untuk digerakkan. Kenyamanannya begitu terasa.

Tak hanya bagi pengemudi, rasa nyaman juga dirasakan penumpang. Ukuran kabin cukup lega dengan ruang kaki yang bebas bergerak.

Untuk bagasinya pun memiliki ukuran lumayan. Dengan kapasitas 445 liter, cukup memadai membawa beberapa barang berukuran besar.

Kesimpulannya, BMW F32 adalah coupe premium yang mantap. Setidaknya, untuk di kelasnya, mobil ini termasuk salah satu yang terbaik. Kenyamanan saat dipakai berkendara, kabin yang cukup lega, fitur hiburan yang lengkap, dan penataan interior yang baik, menjadikannya menarik dimiliki. (Azmi/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Motor1.com/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 4 Series lainnya

 

Video BMW 4 Series F32 | Tahun Produksi: 2013 – sekarang

Foto Terbaru BMW 4 Series F32

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share Bimmer Story: