Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Lezatnya Jajanan Kaki Lima Terbaik di Asia

Jajanan Kaki Lima Terbaik
Foto: CNN Travel

Bimmer.ID — Apalah artinya berkunjung ke negara asing tanpa menyicipi kelezatan kuliner lokalnya. Dan jika Anda merencanakan liburan, ada baiknya mencicipi kelezatan jajanan kaki lima terbaik di Asia.

Negara-negara di timur terkenal akan kulinernya yang sangat variatif serta kaya bumbu dan rempah-rempah. Letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat benua ini dipenuhi keanekaragaman jenis masakan.

Jajanan Kali Lima Terbaik di Asia

Berikut Bimmer.ID rekomendasikan sejumlah jajanan kaki lima terbaik ala Asia, seperti dikutip CNN Travel, yang wajib Anda cicipi:

1. Bun kebab (Pakistan)

Kebab Turki memang terkenal, tapi pernahkah Anda mencicipi bun kebab khas Pakistan? Jajanan ini mudah ditemui di pinggiran jalan kota-kota besar seperti Karachi dan Lahore.

Meski namanya kebab, tetapi panganan ini lebih mirip burger. Roti lembutnya membungkus patty yang dibuat dari kentang, meski ada juga patty daging ayam, domba, dan sapi.

Anda juga bisa memodifikasi isinya yang terdiri dari bawang merah, tomat, raita (saus yoghurt pedas) dan saus khas tamarin chutney. Silahkan pilih sesuai selera. Untuk rasa dijamin lezat, mengingat makanan khas Pakistan selalu kaya rempah-rempah.

2. Chili crab (Singapura)

Masakan yang satu ini sangat populer di restoran-restoran besar dan ternama di ‘Negeri Singa’. Tapi tahukah Anda jika makanan ini awalnya berasal dari jajanan gerobak kaki lima pada tahun 1950-an?

Jika Anda berencana mencicipi jajanan yang satu ini, bersiaplah untuk belepotan. Karena Anda harus menggunakan kedua tangan untuk memecahkan kulit kepiting agar daging lezatnya dapat dinikmati.

Setelah berhasil mengeluarkan daging kepiting yang lembut itu, Anda bisa langsung mencocolnya dengan saus tomat pedas dan roti mantau goreng.

3. Fuchka (Bangladesh)

Manis, asam, pedas, merupakan rasa khas fuchka, yaitu masakan versi Banglades dari pani puri atau gol gappa ala India. Kuliner yang satu ini cukup melimpah dijajakan di pinggiran jalan kota.

Fuchka terdiri dari kentang tumbuk dan kacang arab yang dicampur dengan bawang merah segar, timun, limau, cabai hijau, daun coriander, dan bumbu masala.

Lazimnya, hidangan ini ditemani oleh telur rebus dan secangkir saus tamarin manis pedas sebagai pelengkap.

4. Kimbap (Korea Selatan)

Sedikit berbeda dari sushi gulung ala Jepang, nasi gulung versi Korea Selatan yang dibalut dengan rumput laut ini dipotong sedemikian rupa agar mudah masuk mulut.

Kimbap terdiri dari bayam, akar lotus, telur, ketimun, bulgogi, daging kepiting, acar, kimchi, dan wijen panggang. Rasa khasnya sulit untuk dilupakan.

5. Momos (Nepal)

Ibarat rendang di Indonesia, momos juga merupakan kuliner khas Nepal yang terpopuler bagi warganya. Ada berbagai macam resep dan varian dalam menghidangkan makanan ini.

Pangsit lembut ini dibuat dengan isi yang terdiri dari daging giling –sapi, kerbau, babi, domba, ayam, dan yak– dan bumbu-bumbuan seperti kol, bawang, daun bawang, jahe, bawang putih, tamarin, coriander, serta rempah-rempah.

Itulah jajanan kaki lima terbaik khas Asia yang kami rekomendasikan kepada Anda untuk dicicipi jika hendak berwisata keliling Asia. Selamat menikmati. (Aldion/CNN Travel)

Baca juga: Maladewa, Surganya Wisata Alam Bawah Laut

 

Share Bimmer Story: