Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Ditinggal Mercedes dan Audi, Apakah BMW bakal Ikut F1?

BMW Bakal Ikut F1
Foto: BMWBlog.com

Bimmer.ID — Audi baru-baru ini menyatakan keikutsertaannya untuk berlaga di ajang Formula One (F1). Hal itu membuat banyak pihak bertanya-tanya, kapan dan apakah BMW bakal Ikut F1?

Sebagai penggemar balap F1, kehadiran Audi kian menyemarakkan ajang balap single seater tersebut. Terlebih Mercedes Benz masih jumawa bertahan dan telah cukup banyak mengoleksi gelar.

Dan sebagai penggemar mobil, ramainya peserta sama saja dengan semakin meningkatnya persaingan dalam hal teknologi. Hal itu jelas berimbas pada kian membaiknya industri otomotif.

Apakah BMW bakal Ikut F1?

Tapi bagaimana dengan BMW? Para penggemarnya sudah lama menantikan pabrikan asal Munich, Jerman, itu kembali meramaikan persaingan di F1.

Mercedes, rival utama BMW, saat ini memiliki kredibilitas tertinggi di dunia motorsport, sedikit melampaui BMW. Terlebih kini Audi dikabarkan bakal bergabung dengan tim Sauber di F1.

Terbaru malah Porsche juga akan ikut serta di F1 pada tahun 2026. Banyak pihak yang sangat berharap agar BMW kembali ikut berlaga di ajang F1. Sebagai informasi, CEO Audi saat ini, Markus Duesmann, sebelumnya pernah bekerja untuk BMW.

Sauber Motorsport AG merupakan rekan lama BMW di ajang F1. Dan Audi bakal menyuplai mesin bagi mobil balap tim asal Swiss itu mulai tahun 2026.

Namun demikian, Audi sepertinya bakal bekerja keras, karena penyedia mesin Sauber saat ini, Alfa Romeo, terbilang tidak kompetitif.

BMW di F1
Foto: BMWBlog.com

Zhou Guanyu dan Valterri Bottas merupakan pebalap hebat, tetapi mobil mereka tidak mampu bersaing dengan tim Ferrari, Red Bull, dan Mercedes.

Siapa tahu para mekanik dan mesin balap Audi dapat mengangkat Sauber dari keterpurukan. Lagipula tahun 2026 mendatang tim ini akan memiliki pebalap yang berbeda.

Ketika Audi mengumumkan keikutsertaannya, pabrikan yang berbasis di Ingolstadt, Bavaria, Jerman, ini menginginkan rekanan yang sudah ada. Mereka tidak mau membangun tim balap sendiri.

BMW diperkirakan akan melakukan hal serupa jika ikut terjun di F1. Dan memang ada beberapa tim kandidat yang bisa diajak bekerjasama, seperti Williams, Haas F1, atau bahkan McLaren.

Sangatlah menyenangkan jika BMW kembali menyemarakkan gelaran balap Formula Satu. Mereka memang sudah cukup banyak ikut serta di ajang motorsport lain, tetapi tidak ada yang seterkenal F1.

Sementara bagi Audi, ikut serta di F1 bakal memberikan gengsi dan nama baik bagi kendaraan-kendaraan buatannya.

BMW dapat melakukan hal serupa, dan para penggemarnya akan sangat antusias. BMW pertama kali ikut F1 di Grand Prix Jerman pada 1952, dan cabut pada 2009.

Selama keikutsertaannya, BMW telah menyuplai mesin untuk tim-tim seperti Brabham, ATS, Arrows, Benetton, dan Ligier.

Sejauh ini memang belum ada pernyataan apapun dari BMW terkait hal ini. Tetapi cukup menyenangkan untuk membayangkan jika mereka memutuskan untuk kembali ikut berlaga di F1. Bagaimana menurut Anda? (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

 

Share Bimmer Story: