Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW akan Memproduksi Seri 5, Seri 7, dan X1 Elektrik

Mobil Elektrik BMW

Bimmer.ID — Beradaptasi dengan peradaban baru, BMW sepertinya sebentar lagi akan mulai memproduksi Seri 5, Seri 7, dan X1 yang sepenuhnya bertenaga elektrik.

Dikutip dari The Verge, Rabu (29/7/2020), pabrikan asal Jerman itu kini tengah mengembangkan seri sedan dan SUV andalannya untuk mengusung mesin yang sepenuhnya bertenaga listrik.

Dalam konferensi pers yang disampaikan Senin lalu, hal itu tak lain guna mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh mesin berbahan bakar fosil.

Itu artinya, nyaris semua produsen kendaraan bermotor top di Jerman saat ini akan segera beralih menggunakan mesin bertenaga listrik.

Saat ini BMW diketahui tengah menguji Seri 3 yang sepenuhnya bertenaga listrik. Model BMW terpopular itu terlihat menjalani uji coba dalam balutan kamuflase di Amerika Serikat.

Sementara BMW i4 sepertinya sesaat lagi akan masuk ke jajaran Seri 4. Seri ini merupakan seri khusus coupe, convertible, dan fastback pengembangan dari Seri 3 versi coupe yang dibuatkan kelas tersendiri.

Awal bulan ini, perusahaan yang bermarkas di Munich itu telah memperkenalkan iX3, yaitu versi elektrik dari X3, SUV terpopular BMW.

BMW juga telah menggoda para penggemarnya dengan SUV terbaru mereka, iNext, yang secara tampilan mirip dengan X5, namun dengan dimensi yang sedikit lebih kecil.

Namun demikian, BMW belum berencana untuk menghilangkan Seri 5 dan Seri 7 berbahan bakar konvensional sepenuhnya dan menggantikannya dengan mesin elektrik.

Mereka masih akan tetap memproduksi line-up sedan mewahnya dengan berbagai varian mesin, seperti mesin bensin dan mesin listrik campuran (mild hybrid dan plug-in hybrid).

Versi elektrik akan menjadi pilihan

Meski masih tetap memproduksi kendaraan berbahan bakar fosil, BMW sadar bahwa mesin listrik merupakan pilihan terbaik di masa depan.

BMW saat ini mengaku tengah berusaha untuk mengurangi jumlah rata-rata emisi CO2 dari seluruh kendaraannya hingga sepertiga dalam waktu 10 tahun ke depan.

Hingga saat itu tiba, diperkirakan akan ada 7 juta kendaraan yang ‘mengandung mesin listrik’ lansiran BMW Group (termasuk Mini) di jalanan. Dengan 4,6 juta di antaranya sepenuhnya bertenaga listrik.

Sebagai informasi, BMW hingga kini mampu menjual 2,5 juta kendaraan setiap tahunnya. Itu merupakan jumlah yang terbilang fantastis.

Guna mendukung program tersebut, perusahaan yang berdiri sejak 1916 itu juga akan membuat ‘rantai pasokan industri luas yang paling terbarukan’ bagi seluruh kendaraan elektriknya.

Termasuk mendapatkan pemasok baru untuk baterai yang bersedia hanya menggunakan ‘100 persen tenaga ramah lingkungan’.

Chairman BMW Oliver Zipse mengatakan, perusahaannya telah mengembangkan rencana detail untuk 10 tahun ke depan. Ia juga mengungkap akan terus melaporkan perkembangan perusahaan setiap tahunnya.

“Saya percaya pada perjuangan dalam melawan perubahan iklim serta bagaimana penggunaan sumber daya kami dapat menentukan masa depan lingkungan kita,” ujar Zipse. (Aldion/The Verge/Foto: BMW Group)

Baca juga: BMW 5 Series G30, Sedan Bisnis Tersukses di Dunia

 

Share Bimmer Story: