Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Portugal Menjadi Negara Terfavorit untuk Ditinggali

Portugal Menjadi Negara Terfavorit
Foto: via CNN Travel

Bimmer.ID — Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas Portugal terus merangkak naik sebagai negara terfavorit untuk dijadikan tempat tinggal oleh warga negara-negara asing. Mengapa Portugal Menjadi Negara Terfavorit?

Cuaca cerah, garis pantai sepanjang lebih dari 2.000 Km, dan makanan khas pastéis de nata menjadi sedikit dari banyak daya tarik yang membuat negara ini semakin seksi.

Dan memang saat ini untuk pindah tempat tinggal di Portugal semakin mudah. Itu karena pemerintahnya memiliki program visa menarik bagi orang asing dari negara non-Uni Eropa (dan juga tidak berasal dari Wilayah Ekonomi Eropa/EEA dan Swiss).

Terlebih dengan dipercepatnya visa tinggal sementara menuju dunia digital, para pekerja jarak jauh semakin diterima dengan tangan terbuka untuk menetap di negara tersebut.

Hingga saat ini, ada cukup banyak warga Amerika Serikat yang berbondong-bondong pindah ke Portugal guna mencari jaminan kesehatan yang lebih terjangkau serta terhindar dari kekerasan penggunaan senjata api.

Ritme kehidupan di Portugal jauh lebih santai, cuacanya lembut, dan memiliki banyak sekali tujuan wisata, baik di dalam negeri maupun akses wisata di seluruh Eropa.

Visa D7 yang menggiurkan

Grace Veach tadinya merupakan warga Amerika Serikat. Saat ini wanita itu menetap di Coimbra, sebuah kota yang terletak di pinggir sungai di Portugal tengah.

Ia memutuskan pindah pada 2021 usai insiden pembantaian massal di sekolah Sandy Hook pada 2012 lalu. Veach berprofesi sebagai dosen yang mengajar di sebuah universitas di Florida, AS, secara virtual dari rumah.

“Saya ingin tinggal di suatu tempat di mana kekerasan penggunaan senjata api tidak menjadi ancaman sehari-hari,” kata Veach kepada CNN Travel.

Portugal
Foto: Don Mammoser/Adobe Stock via CNN Travel

Wanita 59 tahun itu tinggal di Portugal bersama suami dan putranya yang berusia 27 tahun. Keluarga ini mengajukan visa D7, sebuah opsi visa yang sebelumnya terkenal di kalangan para pensiunan, di mana uang pensiun dianggap dapat memenuhi persyaratan pendapatan sebesar €705, atau sekitar Rp11,3 juta, bagi pemohon visa dewasa pertama dan jumlahnya semakin murah bagi anggota keluarga yang menyusul.

Pemohon visa jenis ini juga menerima keuntungan berupa fasilitas kesehatan yang setara dengan warga negara Portugal lainnya.

Visa D7 mewajibkan pemegangnya untuk tinggal selama 182 hari dalam setahun serta mengizinkan mereka bekerja di negara itu.

Mereka juga dapat mengajukan kewarganegaraan Portugal setelah lima tahun. Proses aplikasi visa D7 biasanya memakan waktu selama 6 bulan.

Bantuan biro jasa

Pengajuan visa D7 tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri. Tetapi, jika Anda tak mau dipusingkan dengan birokrasi, Anda bisa menggunakan jasa layanan aplikasi visa.

Seperti yang dilakukan oleh Sara Galis, seorang penyedia jasa aplikasi visa dari perusahaan bernama Welcome To Portugal.

Mereka dapat membantu mengurus berkas-berkas, membuat rekening bank di Portugal, dan menjadi perwakilan fiskal di negara itu.

Portugal terfavorit bagi warga AS

Menurut Galis, saat ini 60% kliennya berasal dari AS. Mereka mengaku memilih Portugal sebagai negara terfavorit untuk menetap.

“Bagi warga AS, mata uang kami setara. Hal itu membuat Eropa kian menarik saat ini,” kata Galis, yang memulai usahanya ini sejak tahun lalu. “Mereka melihat Portugal sebagai negara yang aman untuk tinggal.” (Aldion/CNN Travel)

Baca juga: BMW M Hybrid V8 Hadir di Gim iRacing

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge