Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Selama 7.000 Tahun, Anggur Buatan Turki semakin Terkenal

Anggur Buatan Turki
Foto: via CNN Travel

Bimmer.ID — Anggur (wine) buatan Turki saat ini dinilai berkembang dengan sangat pesat, mengingat tradisi pembuatan anggur di negara ini telah lama mengakar, bahkan sejak 7.000 tahun yang lalu.

Kebun anggur (vineyard) yang terhampar di seantero negeri ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, baik dari panen maupun produksi.

Belakangan, anggur buatan Turki banyak sekali meraih penghargaan atas kesuksesannya di pasaran internasional.

Meski kalah pamor dari Italia dan Prancis, banyak penggemar wine yang belum mengetahui jika Turki punya banyak sekali kebun anggur yang tersebar mulai dari pantai di Agea hingga Anatolia dan bisa dijadikan tujuan wisata.

Berikut sejumlah wilayah anggur terbaik di Turki yang bisa dikunjungi.

Anggur Turki
Foto: via CNN Travel

Trakya

Trakya merupakan tempat pengolahan anggur yang terletak di dekat Selat Çanakkale. Tempat ini sangat terkenal, bahkan sudah meraup lebih dari 500 medali penghargaan dalam pengolahan wine.

Wilayah ini merupakan jalur regional pertama untuk distribusi wine. Trakya Bağ Rotası (Thrace Vineyard Route) meliputi wilayah yang terbentang dari kota Edirne di barat laut hingga Gelibolu.

Beberapa kebun anggur yang terkenal dari wilayah ini adalah Chateau Nuzun, Turkish Narince, Papaskarası and Kalecik Karası, dan Riesling and Petit Verdot.

Agea

Agea mencakup separuh dari total produksi anggur di Turki. Wilayah ini merupakan tempat paling sempurna bagi penanaman serta memiliki berbagai jenis anggur terbaik.

Salah satu vineyard terkemuka di sini adalah Sevilen Vineyards & Winery yang didirikan oleh Isa Güner, warga Bulgaria yang berimigrasi ke Turki, sejak 1942. Saat ini kebun anggurnya dikelola oleh generasi ketiga.

Anggur Turki
Foto: via CNN Travel

Çal Bağ Yolu

Çal Bağ Yolu merupakan salah satu rute anggur termuda yang mulai digunakan pada 2001 sebagai jalur dari empat vineyard untuk membantu kemajuan sejarah penanaman anggur.

Salah satu perkebunan yang terkenal di sana adalah Kuzubağ, yang dibangun oleh Salih Kuzu dan putrinya, Aslı Kuzu. Mereka adalah warga lokal di Desa Hançalar.

Terletak di ketinggian 850 meter dari permukaan laut, vineyard keluarga ini memproduksi anggur lokal Çalkarası, Kalecik Karası, Öküzgözü, Narince, Chardonnay, dan Sauvignon Blanc.

Anatolia

Anatolia merupakan salah satu wilayah tersulit dalam hal produksi anggur di Turki, namun memiliki perkebunan anggur tersukses, salah satunya adalah Kavaklıdere Winery.

Kavaklıdere Winery adalah produsen anggur swasta pertama di Turki yang dibangun pada 1929 oleh Cenap And.

Berikutnya ada pula Tafali, perkebunan anggur yang didirikan oleh dua entrepreneur wanita yang pindah ke Ankara pada 2003.

Vineyard ini pertama kali buka pada 2019 dan menerima kunjungan wisata bagi siapa saja yang mau membeli atau sekedar cuci mata. (Aldion/CNN Travel)

Baca juga: MINI kembali Hadirkan Transmisi Manual

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge