Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Mini kembali Hadirkan Transmisi Manual

Hadirkan Transmisi Manual
Foto: via Foxnews.com

Bimmer.ID — MINI dikabarkan bakal kembali memproduksi mobil bertransmisi manual pada tahun 2023 di Amerika Serikat, setelah sebelumnya terhenti akibat gangguan pasokan barang.

Pabrikan mobil asal Inggris ini bahkan siap menyediakan pelatihan mengemudi mobil bertransmisi manual bagi para pembeli di ‘Negeri Paman Sam’.

Mini mulai menawarkan opsi pembelian mobil transmisi manual enam percepatan di AS mulai November tahun ini khusus untuk model dua pintu.

Nyaris punah

Transmisi manual di AS bisa disebut nyaris punah. Bahkan di kelas mobil entry level atau kendaraan ekonomi transmisi jenis ini kian menipis dan tidak diminati.

Uniknya, saat ini transmisi manual malah menjadi fitur eksklusif yang hanya ditawarkan di kelas mobil sport untuk kalangan menengah ke atas.

Alasan itu membuat Mini menawarkan produk yang disematkan transmisi manual dan bahkan mereka siap memberikan pelatihan bagaimana caranya mengemudi dengan transmisi jenis ini.

Mengasah keterampilan mengemudi

Mini Manual Driving School mulai dibuka pada awal tahun depan yang berlokasi di BMW Performance Center, Thermal, California.

“Inisiatif ini merangkul generasi baru untuk mengemudikan mobil bertransmisi manual atau mengasah keterampilan mereka setelah bertahun-tahun mengemudikan mobil transmisi otomatis,” demikian keterangan tertulis Mini dilansir Fox News.

“Lapangan mengemudi ini didesain guna menciptakan dasar untuk membangun kepercayaan diri serta kenyamanan saat mengemudi mobil bertransmisi manual.”

“Kurikulumnya berfokus kepada pengendalian kendaraan, menemukan titik friksi, berlatih start, stop, akselerasi yang mulus, dan lain sebagainya,” lanjut pernyataan itu.

Menurut Manajer Komunikasi Mini AS Rah Mahtani, lapangan mengemudi yang mereka persiapkan bakal sangat informatif, menyenangkan, sekaligus menantang.

“Para pengemudi Mini generasi baru ini dijamin bakal terkesan dan mengingat pengalaman ini selamanya,” kata Mahtani.  (Aldion/Fox News)

Baca juga: BMW Pertahankan Transmisi manual hingga 2030

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge