Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Duh, BMW Karya Andy Warhol Dilempar Tepung oleh Aktivis Iklim

BMW Karya Andy Warhol
Foto: via FoxNews.com

Bimmer.ID — Sebuah mobil BMW karya seniman Andy Warhol yang sedang dipajang di Milan, Italia, pada Jumat (18/11/22) pekan lalu dilempari tepung oleh sejumlah aktivis perubahan iklim yang marah. Mengapa BMW karya Andy Warhol dilempari?

Alasan pelemparan

Para aktivis iklim dari kelompok Generation Z itu, melalui situs webnya, mengatakan, tindakan tersebut mereka lakukan sebagai bentuk protes agar mendesak para pemimpin dunia untuk mengambil tindakan cepat terkait perubahan iklim yang kian memburuk.

Beruntung BMW M1 karya Andy Warhol yang dilukis pada tahun 1979 itu tidak mengalami kerusakan. Para aktivis bahkan sempat duduk di sebelah supercar BMW tersebut usai melakukan aksinya.

Ini bukan aksi tak terpuji pertama yang dilakukan para aktivis terhadap karya seni. Tren merusak yang menyasar karya-karya seni terkenal di galeri akhir-akhir ini sering dilakukan.

BMW Andy Warhol
Foto: via FoxNews.com

Sebelumnya, dua aktivis perubahan iklim Generation Z juga pernah melempar lukisan karya Van Gogh dengan sup tomat. Sementara dua lainnya mengolesi lukisan karya Monet dengan kentang rebus.

Ada juga aktivis lainnya yang melempar lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dengan kue serta mengotori lantai museum dengan susu dan tepung demi ‘terciptanya keadilan’.

Beruntung karya seni yang tak ternilai harganya itu dilindungi oleh kaca antipeluru, sehingga tidak mengalami kerusakan.

Rapat tentang perubahan iklim saat ini sedang berlangsung di Mesir, di mana mereka menyalahkan mobil sport sebagai salah satu biang kerok terjadinya perubahan iklim.

Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersedia mengucurkan dana guna membantu negara-negara miskin untuk membayar ganti rugi. Namun mereka belum menemukan cara yang tepat tentang bagaimana pembayaran itu akan dilakukan.

Sementara China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia sekaligus penyumbang polusi nomor satu global, masih belum diharuskan untuk membayar dana ganti rugi. (Aldion/Fox News)

Baca juga: Evolusi Kidney Grill BMW dari Masa ke Masa

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge