Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 2 Series F45: MPV Compact dengan Karakter Sporty

BMW 2 Series F45

Bimmer.ID — Dikenal dengan nama BMW 2 Series Active Tourer, mobil yang awalnya dirilis tahun 2014 ini mendapatkan pembaharuan di tahun 2018. Terlihat tampilan baru BMW F45 lebih keren dan mengesankan.

BMW F45 adalah MPV compact dengan roda penggerak depan. BMW menghadirkan mobil ini dengan konsep mobil yang berinterior lega, eksterior sporty, serta memiliki kenyamanan interior maksimal. Generasi pertama mobil yang diluncurkan pada 2014 itu pun mendapat sambutan hangat.

Untuk melengkapi kesuksesannya, setahun kemudian BMW meluncurkan versi model kedua dengan nama BMW 2 Series Gran Tourer (F46) dengan dimensi yang lebih panjang. Dua model mobil ini sering disandingkan bersama sebagai bagian dari BMW 2 Series.

Kesuksesan kedua mobil ini terlihat nyata dengan penjualan sebanyak 380 ribu unit hingga akhir 2017. BMW 2 Series Active Tourer lebih laris dengan mencatatkan persentase 70 persen dari total penjualan tersebut.

Eksterior BMW F45

Kesuksesan tersebut membuat BMW menghadirkan generasi kedua BMW F45 pada 2018. Beberapa perubahan pun dilakukan. Mobil ini kini menggunakan lampu utama (headlights) LED adaptif. Lampu kabut (fog lamps pun) mendapatkan sentuhan desain baru yang lebih sporty.

Perubahan lainnya tampak pada bagian kidney grille yang lebih besar.  Dilihat dari sisi depan, tampilan BMW 2 Series Active Tourer terlihat lebih ciamik. Terlihat jelas, perubahan pada bagian kidney grill itu yang paling mencolok dibanding generasi sebelumnya.

Pada bagian belakang mobil ini juga memiliki desain baru yang mendukung konsep mobil yang compact dan tegas. Kesan sporty diperkuat berkat dua knalpot berdiameter 90 mm.

BMW F45

Interior

Sepintas melihatnya, mobil yang memiliki panjang 4.354 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm ini mampu bertransformasi sebagai mobil yang lebih modern. Sekalipun masih dengan kapasitas 5 penumpang, tapi posisi tempat duduk dibuat lebih tinggi dari sebelumnya. Ini membuat pengemudi dan penumpang menjadi lebih nyaman.

Dashboard mobil dominan dengan warna hitam dengan kombinasi warna abu-abu di beberapa sisi. Pada bagian panel speedometer didesain berwarna hitam

Mobil dengan jarak sumbu roda 2.670 mm ini juga memiliki ruang yang lega. Bagasi memiliki kapasitas 468 liter. Jika kursi bagian belakang dilipat, kapasitas ruang kosongnya bisa meningkat hingga 1.510 liter.

Suasana di dalam kabin mobil ini terasa lapang dan nyaman. Tampak sisi interior menonjolkan kualitas fungsi.  Jok mobil ini pun terasa lebih nyaman berkat bantalan jok yang lebih panjang. Di jok depan terdapat bahan pelapis baru yang membuat pengemudi lebih enjoy berkendara.

Karakter Dinamis dan Sporty

Banyak orang menyimpulkan BMW Active Tourer F45 versi terbaru hadir dengan desain lebih sporty. Hal itu memang terlihat pada desain eksterior bagian depan maupun belakang. Ditambah lagi velg mobil yang juga terlihat sporty.

Ukuran roda standar BMW 2 Series Active Tourer adalah ban 16 inchi. Walau demikian, mobil ini bisa dipasang dengan roda hingga 19 inci.

BMW Active Tourer F45 diklaim lebih hemat bahan bakar. Sebab proses pembakaran bahan bakar dibuat lebih efisien. BMW mengklaim, Active Tourer 2018 ini lebih hemat bahan bakar dan emisi sebanyak 5 persen. Walau konsumsi BBM lebih irit, namun tenaga mobil ini diklaim meningkat 5 kW/ 7 hp dengan torsi meningkat 10 Newton meter (7 lb-ft).

Kesimpulannya, BMW F45 versi terbaru berhasil menjadi mobil yang lebih sporty, efisien bahan bakar, dan memiliki interior yang nyaman. (Azmi/yollis/Berbagai Sumber/Foto: via AutoEvolution/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 2 Series lainnya

 

Video BMW 2 Series F45 | Tahun Produksi: 2014 –

Instagram BMW 2 Series F45

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW 2 Series F45 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWf45, #BMW2series.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: