Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 3 Series F30: Sedan BMW Modern yang Semakin Canggih

BMW 3 Series F30

Bimmer.ID — Untuk Anda yang mencintai mobil berkelas dengan desain yang minimalis nan elegan, BMW 3 Series F30 dapat menjadi pilihan terbaik. Seri yang satu ini merupakan seri mobil BMW generasi keenam. Produksinya berawal dari tahun 2011 dan hingga kini, mobil-mobil dengan seri tersebut masih diproduksi.

BMW F30 memiliki berbagai macam model. Yang pertama adalah model sedan empat pintu dengan kode penamaan F30. Kemudian, model touring lima pintu dengan kode penamaan F31. Ada pula kodel fastback lima pintu dengan nama F34 (dikenal juga dengan nama Seri 3 Gran Turismo). Dan yang terakhir, model sedan empat pintu long-wheelbase. Khusus model terakhir, area penjualannya hanya di Tiongkok saja.

Model F30 merupakan mobil generasi pertama dari seri ketiga yang dipersenjatai oleh mesin tiga silinder, turbocharged serta power steering elektrik. Ini membuat mesinnya lebih halus dan juga lebih nyaman untuk digunakan. Mobil ini diproduksi pada tahun 2012-2018 sebelum pada akhirnya digantikan oleh G20.

Penampilan BMW 3 Series F30

Bagian depan BMW F30 menggunakan fog lamps yang terlihat meruncing dan membuat mobil ini memiliki kesan seksi.  Sementara itu, bagian samping dari mobil ini terkesan standar dan tidak seberkelas bagian depannya.

Kemudian, bagian belakang dari mobil ini memiliki bentuk yang kompak dan terlihat besar. Bagian belakang ini seolah menjadi penyeimbang bagian depan yang runcing dan flat.

Desain interiornya sendiri terlihat bold dengan beberapa pembaruan seperti misalnya pada bagian iDrive 6.0. Desain unik dari BMW F30 dirancang oleh Christopher Weil.

Mesin Andalan Mobil

Mobil BMW 3 Series F30 menggunakan mesin turbocharged. Mobil dengan jenis pengisian bensin/petrol memiliki tiga jenis kode mesin.

Mesin dengan kode N55 menggunakan konfigurasi enam silinder, mesin N13 dengan empat silinder, dan mesin N20 dengan empat silinder juga. Setelah proses facelift pada tahun 2016, ada pembaruan terkait mesin dengan kode B38 berkonfigurasi 3 silinder, B48 dengan empat silinder, dan B58 dengan enam silinder.

Kemudian, model diesel memiliki beberapa jenis mesin. Mesin pertama adalah N47 dengan empat silinder. Mesin kedua adalah N57 enam silinder. Nah, pada facelift tahun 2016, model konfigurasi empat silinder diperbarui menjadi B47.

Itulah beberapa hal yang menarik terkait BMW F30. Bagi Anda yang menyukai kesan dinamis dan modern, maka mobil ini akan sangat memenuhi ekspektasi Anda.

Mengingat bahwa seri ini juga merupakan seri baru, maka mesinnya pun cenderung tidak rewel dan lebih mudah mencari suku cadangnya. Selain itu, Anda juga masih dapat mencari versi baru dari seri ini, yang tentunya lebih mempermudah Anda dalam proses perawatan. (Intan/ymn/Berbagai Sumber/Foto: BMSpecialist/Video: OptionAutoNews)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 3 Series lainnya

 

Video BMW 3 Series F30 | Tahun Produksi: 2011 – 2019

Gallery Instagram BMW 3 Series F30

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW F30 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #F30 dan #BMWf30.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: