Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 7 Series E38: Pelopor Sedan Mewah BMW Berteknologi Tinggi

BMW 7 Series E38

Bimmer.ID — Kendaraan yang diproduksi pada April 1994 – Juni 2001 ini adalah salah satu model istimewa dan legendaris dari pabrikan BMW, khususnya dari 7 Series. Dari fitur dan piranti yang dibekalkan padanya, menunjukkan bahwa BMW E38 telah mengalami transisi dari era analog ke era digital.

Pelopor dalam Banyak Hal

Dari segi keamanan, inilah mobil pertama yang dilengkapi “curtain airbag/tubular airbag” (kantong udara berbentuk tirai untuk melindungi kepala dan mengatasi benturan dari samping). Sejak masa awal peluncurannya, ketersediaan piranti ini telah menjadi standar BMW.

Selain itu, model ini merupakan mobil Eropa pertama yang dilengkapi navigasi satelit sekaligus televisi built-in. Sistem ini dinamakan “CARIN”, buah kerja sama antara BMW dan Philips.

Piranti dan sistem ini tetap memadai hingga tahun 2000, lalu dilakukan peningkatan pada layar tampilan menjadi 6,5 inchi juga pada perangkat lunak menjadi MK II. Karenanya, peta navigasi satelit diubah ke bentuk CD.

Pada mesin, model ini menyediakan banyak pilihan mesin, mulai dari tipe 728iL 2.8 liter enam-silinder 193 HP, 735iL 3.5 liter V-8 238 HP, 740iL 4.0 liter V-8 (akhirnya diperbesar jadi 4,4 liter) 286 HP dan yang terelit 750iL 5.4 liter V-12 326 HP. Mesin ini melakukan tugasnya sebagai “peminum bensin” dengan baik, mengonsumsi hingga 19,6 liter/100km, mengingat masa itu regulasi emisi tak seketat sekarang dan harga BBM relatif murah.

Walau demikian, model inilah yang pertama menyediakan pilihan mesin diesel di 7 Series, yaitu mesin tipe 725tds 143 HP, 730d 3.0 liter 193 HP dan 740d 4.0 liter 238 HP yang semuanya dilengkapi turbo.

Fitur-Fitur Menarik Lainnya

Beberapa fitur menarik lainnya dari BMW E38 adalah:

Dynamic Stability Control: sistem komputer yang mampu mendeteksi dan mengurangi hilangnya traksi. Sistem ini otomatis menerapkan pengereman secara individual pada roda hingga situasi terkendali.

I-bus: sistem entertainment dalam mobil yang mencakup radio, sistem audio, navigasi satelit, televisi, dan sistem komunikasi.

Sensor parkir di masa kini adalah generik tapi mewah pada era itu. Kursi elektrik dengan tiga memori posisi, juga fitur pijatan untuk memberikan efek relaksasi pada pengemudi. Roda kemudi serbaguna yang bisa disesuaikan, bahkan berpenghangat.

Lift-up

Menjelang pergantian milenium adalah tahun akbar bagi penggemar BMW, puncak segala upgrade. Menyentuh desain lampu dan diluncurkannya paket Sport. Pada era ini diperkenalkan pula mesin diesel 740d twin-turbo.

Sementara itu, mesin bensin dilengkapi sistem VANOS untuk 735i juga 740i, dan dual-VANOS untuk  728i juga 735i termasuk perangkat “E-CAT” sebagai penurun emisi karbon. Hingga 2001, produksi BMW tetap melakukan pembaharuan walau sifatnya “kosmetis”.

Model Khusus

L7 merupakan varian limousine dari model ini. Versi ini dijejali kemewahan dan fitur yang berfokus pada kenyamanan penumpang seperti kursi elektrik, nampan terlipat, kulkas, televisi lengkap dengan pemutar video, bahkan mesin faksimile.

Di samping itu, Protection Line dan Security Line adalah varian lapis baja tahan peluru dan bom, ditujukan untuk perlindungan dan pengawalan.(Gianni/ymn/Berbagai Sumber/Video: BMW/Foto: Pinterest.com)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 7 Series lainnya

 

Video BMW 7 Series E38 | Tahun Produksi: 1994 – 2001 (E38 on BMW Movie, The Hire, Ambush)

Instagram BMW E38

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E38 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E38 dan #BMWe38.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: