Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 5 Series E12: Menawarkan Kestabilan dengan Fitur Modern

BMW 5 Series E12

Bimmer.ID — Kelahiran BMW 5 Series E12 menandai upaya pertama BMW untuk menciptakan seri sedan mewah berukuran sedang. Tidak seperti seri sebelumnya, Seri 5 lebih banyak mengacu pada aspek desain mewah ketimbang sporty, dengan target pemasaran untuk kelas menengah ke atas. Konstruksinya yang modern membantu BMW memasuki ranah baru dalam hal produksi mobil “super” dengan fitur berkelas.

Diproduksi pertama kali pada tahun 1972, E12 mengusung model empat pintu dengan empat lampu depan, bagasi pendek, dan moncong panjang. Interiornya dirancang sesuai dengan selera kelas menengah ke atas, menggunakan elemen seperti bahan kulit berwarna gelap dan aksen kayu berpola yang dipoles mengilap. E12 juga memiliki kaca spion samping kanan sebagai fitur standar, namun AC serta jendela otomatis tersedia dengan biaya tambahan.

E12 dilengkapi dengan beragam mesin injeksi enam silinder seiring perkembangan model-modelnya. Model 518 hingga 5201 menggunakan mesin M10 I4, model 520/6 hingga 533i menggunakan beragam mesin M30 I6, sedangkan model M535i menggunakan M90 I6. Terdapat model dengan 4 dan 5 pilihan percepatan. Model klasik ini dapat mencapai kecepatan maksimal sebesar 107 mph.

Seri 5 menawarkan kestabilan sekaligus kinerja yang bertenaga saat dikemudikan. Desain dashboard dan kemudi yang “bersih” mengadopsi gaya kokpit modern ala Series 3. Pengemudi bisa mengendalikan mobil dengan lebih baik, terutama saat berkendara di jalan aspak yang terbuka. Desain jendela kaca yang lebar dan “dalam” menciptakan pandangan lebih luas bagi pengemudi di dalam.

Sistem kemudi E12 terkenal mantap dan akurat, sehingga mobil bisa berganti arah tanpa pengemudi harus mengerahkan tenaga untuk memutar setir. Perpindahan percepatan juga relatif mulus. Mobil ini cocok untuk perjalanan di jalan aspal, tetapi tidak cocok untuk mengebut, terutama karena rangka bagian depannya memiliki pembagian beban yang sedikit kurang stabil.

BMW memproduksi sekitar 700.000 unit BMW 5 Series E12 sepanjang tahun 1972 hingga 1981. Akan tetapi, produksi mobil ini masih berlanjut di Afrika Selatan hingga tahun 1984, di mana sekitar 23.100 unit mobil diproduksi untuk pembeli lokal sebelum akhirnya benar-benar dihentikan.

Walau kini tidak lagi diproduksi, BMW 5 Series telah menjadi patokan bagi perusahaan untuk menciptakan model sedan modern yang berkelas (ptr/ymn/Berbagai Sumber/Foto: RoadAndTrack.com).

BMW 5 Series. The 1st Generation (E12) | Tahun Produksi: 1972 – 1981

Instagram BMW 5 Series E12

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E12 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E12 dan #BMWe12.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: