Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW Entry Level EV i1 dan i2 Dirilis pada 2027

BMW Entry Level EV i1
Foto: via Insideevs.com

Bimmer.ID — BMW akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) entry level i1 dan i2 pada 2027, menyusul kesuksesan penjualan global i3. Apa saja rencana BMW Group untuk BMW Entry Level EV i1 dan i2?

Kesuksesan i3 membuat produsen mobil mewah asal Jerman itu tertarik untuk meraup penjualan serupa, bahkan lebih.

Maka dari itu mereka sedang mempersiapkan dua kendaraan full elektrik yang akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan.

Rencananya, i1 akan meluncur pada 2027, sementara i2 pada 2028, atau berselang satu tahun. Kedua model tersebut dianggap penting bagi brand BMW, yang sudah memiliki line up penuh kendaraan elektrik.

Tersedia versi AWD

Berbeda dari i3, i1 dan i2 menggunakan penggerak roda belakang. Menurut laman Bimmerpost, kedua EV itu bahkan disebut akan berpenggerak roda depan mengikuti platform Neue Klasse.

Namun demikian, BMW entry level i1 dan i2 ini juga akan ditawarkan versi berpenggerak dual motor all-wheel drive (AWD). Hal itu terkait dengan iX1 model teranyar yang bakal dirilis pada 2027.

BMW iX1 yang saat ini beredar dibangun berdasarkan platform Seri 1. Tapi hal itu akan berubah dengan diperkenalkannya Neue Klasse, EV yang didesain untuk memiliki penggerak roda depan, belakang dan AWD.

Neue Klasse (New Class/Kelas Baru) akan memulai debutnya pada tahun 2025 dalam bentuk sedan EV (sekelas Seri 3). Bahkan versi SUV-nya akan dirilis pada tahun yg sama.

BMW saat ini menjual beberapa kendaraan listrik yang dibangun dari platform mobil berbahan bakar fosil, seperti iX1, i3 sedan, dan i4, kecuali iX yang dibangun khusus menggunakan platform EV.

Namun demikian, platform iX dilaporkan sebagai hibrida, jika mengacu kepada komponen-komponen yang digunakan. Dan hal itu sama sekali tidak mencerminkan platform Neue Klasse.

BMW Entry Level jadi prioritas

Tahun lalu BMW menyetop atau menunda rencana mereka untuk merilis EV entry level. Akan tetapi informasi terbaru ini sepertinya telah mengonfirmasi jika BMW memprioritaskan pengembangan kendaraan entry-level.

Namun demikian, hingga saat ini tak ada satupun yang mengetahui seperti apa nantinya wujud BMW entry level i1 dan i2 ini.

BMW memang pernah memamerkan  i Vision Circular concept tahun lalu. Dan model ini memang sedikit banyak mirip dengan Seri 1 futuristik. (Aldion/Inside EVs)

Baca juga: CEO BMW dan BOSCH, Dunia Belum Siap untuk EV

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge