Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Kalau Mau, BMW bisa saja Membuat Hypercar Bertenaga 1.360 HP

Hypercar Bertenaga 1.360 HP
Foto: via BMWBlog.com

Bimmer.ID — BMW kini diketahui tengah berusaha untuk memasarkan kendaraan elektrik (EV) generasi terbaru. BMW bahkan berani mengklaim jika mudah saja bagi mereka untuk memproduksi mobil Hypercar bertenaga 1.360 HP.

Seperti diketahui, produsen mobil mewah asal Jerman ini sedang mempersiapkan platform EV pertama, yakni Neue Klasse (New Class/Kelas Baru) yang menjadi generasi EV teranyar, yang bakal dirilis pada 2025.

Kendaraan pertama yang menyandang ‘gelar’ Neue Klasse adalah NA0 i3 sedan. Namun ini hanyalah permulaan untuk sesuatu yang lebih besar lagi.

Dalam wawancaranya dengan BMW Blog, Kepala Insinyur, Riset, dan Pengembangan BMW, Frank Weber, mengatakan pihaknya sedang mengembangkan mesin listrik tunggal yang lebih efisien.

Teknologi 1,360 horsepower

“Kendaraan paling rumit yang tengah kami kerjakan adalah produk ///M berperforma tinggi. Benar-benar produk ///M yang sangat bertenaga,” kata Weber

“Kendaraan Neue Klasse ini memiliki fleksibilitas baterai voltase tinggi, juga arsitektur baterai tunggal yang sangat efisien.”

“Sementara, arsitektur motor listrik ganda dapat memfasilitasi arsitektur empat motor listrik yang mampu menghasilkan satu megawatt,” lanjut Weber.

Satu megawatt sama dengan 1.360 HP. Dan menurut Weber, mudah saja bagi BMW untuk memproduksi mobil Neue Klasse bertenaga 1.360 HP bagi konsumennya.

Hypercar BMW
Foto: via BMWBlog.com

Namun tentu saja Weber hanya membahas kemampuan perusahaan. Bukan berarti BMW akan memproduksi mobil beremblem ///M dengan tenaga sebesar 1.360 HP dalam waktu dekat.

Ia menunjukkan kemampuan Neue Klasse di masa mendatang, dan betapa kini BMW sudah memiliki kemampuan teknis yang sangat maju untuk diaplikasikan pada produk-produknya.

Dengan sebuah motor listrik di setiap rodanya, maka mobil performa tinggi ///M bakal memiliki konsep serupa dengan prototipe i4 M, yang selama ini telah digunakan untuk platform ///M cars.

Gara-gara kemampuan teknis BMW itu, banyak media-media Jerman yang berspekulasi akan adanya kerjasama antara BMW dan McLaren dalam menciptakan sebuah supercar.

Namun, dalam wawancaranya, Weber sama sekali tidak menyinggung soal hal itu. Ia hanya menjelaskan betapa berartinya platform Neue Klasse dalam membentuk masa depan BMW.

BMW berharap, pada tahun 2030 nanti setengah dari seluruh produknya adalah EV.

Kemunculan supercar baru oleh BMW selalu dinanti, dan terus beredar dalam beberapa puluh tahun terakhir. Akan tetapi, mobil jenis ini selalu tidak mendapat restu dari Dewan BMW.

Sekarang pertanyaannya adalah: apakah BMW bakal membuat supercar/hypercar? Karena, berdasarkan wawancara dengan Weber, kita menjadi tahu jika mereka memiliki kemampuan untuk menciptakannya. (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Evolusi Kidney Grill BMW dari Masa ke Masa

 

Share Bimmer Story: