Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Evolusi Kidney Grill BMW dari Masa ke Masa

Kidney Grill BMW
Foto: YouTube.com, BMWGroup.com

Bimmer.ID — Salah satu evolusi yang paling mencolok di dunia otomotif adalah kidney grill dari BMW. Ini merupakan suatu bagian yang menjadi simbol sekaligus membuatnya langsung dikenali.

Kidney grill dianggap sebagai wajah paling ikonik dalam sejarah otomotif dunia. Model pemanis wajah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1933 dengan 13 desain dalam kurun waktu 88 tahun.

Evolusi terbaru dari kidney grill BMW dinilai radikal. Akan tetapi Kepala Desain BMW, Demagogy Dukec, dalam wawancaranya dengan majalah Autocar, mengatakan jika kidney grill berukuran besar itu tak akan diganti dalam waktu dekat.

Evolusi Kidney Grill BMW

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, simak 10 evolusi desain kidney grill BMW yang ikonik dan telah beradaptasi dengan perubahan zaman ini.

BMW 303

BMW 303 merupakan model pertama yang memiliki mesin enam silinder segaris khas BMW. Mobil ini juga menjadi yang pertama memiliki fitur-fitur karakteristik BMW, yakni air intake melalui kidney grill dan emblem BMW yang menempel tepat di atasnya.

BMW 507 roadster

507 roadster menjadi BMW pertama yang disematkan sepasang air intake horisontal raksasa. Penciptanya, Albrecht Graf von Goertz, mengekspresikan kebebasan berkreasi yang bertahan hingga tahun 1990-an.

Format intake raksasa BMW 507 itu bukan tanpa alasan, melainkan menjadi satu-satunya sumber utama bagi udara segar yang masuk untuk mendinginkan radiator mesin V8 yang diusungnya.

BMW 1500

Model ini hadir mengisi ‘Kelas Baru’ yang menandai era baru bagi BMW di seluruh aspek, seperti teknologi, komersil, serta estetika.

Kidney grill BMW 1500 yang sempit vertikal ini dipasang tepat di antara grill horisontal yang membentang di sepanjang wajah mobil. Desain ini menginspirasi model-model penerusnya hingga tahun 1980-an. Termasuk BMW 3.0 CS, CSi, dan CSL yang legendaris.

BMW M1

Ini merupakan model independen pertama yang disematkan emblem ///M (Motorsport). Kidney grill BMW M1 sangat spesial karena desainnya yang menyatu dengan inlet udara pipih tanpa merusak karakteristik perwajahan.

Kidney grill ini menjadi yang terkecil dari seluruh kidney grill yang pernah diproduksi oleh BMW dan kemudian diterapkan pada Z1 (1988) dan Seri 8 (1989).

BMW Seri 3

Lompatan besar selanjutnya terjadi di BMW Seri 3 generasi ketiga pada tahun 1990, dengan desain sepasang kidney grill datar horizontal. Tak seperti beberapa generasi awal BMW Seri 3 sebelumnya, kini dua bagian grill yang menutupi radiatornya terpisah.

Sudut-sudutnya juga sedikit membulat, dan kidney grill ini dipisahkan dari dari lampu utama. Desain ini kemudian digunakan di banyak model BMW tahun 1990-an.

BMW i3

Desain wajah BMW i3 elektrik mencerminkan satu dari sekian banyak fungsi estetika dari sebuah kidney grill.

Bentuk tertutupnya rata dan lebar dengan aksen berwarna biru, yang mengindikasikan bahwa mobil ini adalah sebuah BMW bertenaga listrik.

Dengan desain kidney grill semacam ini, aerodinamika mobil juga diklaim meningkat serta menginspirasi BMW i8.

BMW Z4 (2018)

Pada 2018, kidney grill ganda memiliki desain yang sepenuhnya baru dengan bentuk bingkai bersudut. Grill baru ini dipasang secara horisontal dan lebar.

Desain itu membuatnya terlihat sporty sekaligus menyediakan low center of gravity. Secara fungsionalitas, kidney grill ini menjadi intake udara kedua, serta memiliki active air flap control system yang dapat dibuka-tutup sesuai keinginan.

BMW 3 Series (2018)

BMW Seri 3 yang dirilis pada 2018 memiliki desain modern yang mengombinasikan fitur-fitur khas BMW dengan karakteristik terbaru. Sementara varian M Performance dari BMW Seri 3 menggunakan struktur mesh.

The 4 Series Coupé

Studio desain BMW Group baru-baru ini merilis bentuk pengembangan terbaru kidney grill ganda bagi kendaraan produksi massal mereka.

Fokus utamanya ada pada fitur desain individual, termasuk kidney grill berukuran besar, tegak, dan condong ke depan. Desain baru vertikal ini menjembatani masa depan bagi perusahaan yang berbasis di Munich, Jerman, itu.

BMW Vision iNEXT

Dengan kehadiran dua kendaraan model Vision, BMW Group menawarkan sedikit cuplikan tentang seperti apa model-model kendaraan mereka di masa mendatang.

Hadir dengan mesin penggerak full elektrik, BMW Vision iNEXT memiliki desain kidney grill yang dikembangkan dari BMW i3.

Bentuk permukaannya yang tertutup menaungi kamera, sensor-sensor, dan beragam teknologi yang menunjang assisted and automated driving.

BMW tidak akan berhenti sampai di sini dan akan terus melakukan pengembangan dalam hal desain serta fungsionalitas kidney grill-nya. Nah, desain grill versi mana yang paling Anda sukai? (Aldion/Augustman/Insider)

Baca juga: Sejarah BMW, dari Mesin Pesawat hingga Kenyamanan Berkendara

 

Share Bimmer Story: