Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW Motorrad Concept R18: Sang Legenda yang Lahir Kembali

BMW Motorrad Concept R18

Bimmer.ID — BMW Motorrad Concept R18 sukses curi perhatian di Concorso d’Eleganza Villa d’Este, pada akhir Mei 2019 lalu. Saat itu, divisi roda dua BMW AG memperkenalkan Concept R18 yang mengusung segmen large cruiser.

Motor konsep ini mendapat sokongan mesin twin-boxer terbaru BMW yang berkapasitas 1800 cc. Sama seperti dua motor custom sebelumnya, yang sempat dipamerkan di Jepang dengan nama “Departed” dan “Revival Birdcage” di Texas.

Meski belum dinyatakan sebagai konsep final, BMW Motorrad telah mengonfirmasi bahwa seri cruiser bakal diproduksi pada 2020 mendatang.

Mengusung Gaya Retro

Bart Janssen Groesbeek selaku perancang dan kepala proyek Concept R18 merujuk BMW R5 sebagai inspirasinya. R5 memulai debutnya pada 1936, dan jadi salah satu motor legendaris BMW.

Kemiripan Concept R18 dan R5 dapat dikenali dari pengaplikasian mesin boxer, rangka cradle, tangki hitam model teardrop, serta pin-strip putih pada tangki.

Kesan retro juga dipertegas dengan penggunaan solo seat bergaya Pagusa – jok kulit bertekstur dengan logo cetak timbul khas BMW di era 50an.

Tak ketinggalan, ban RILLE yang ikonik dari Metzeler disematkan pada motor penjelajah ini. Membuat kita kembali bernostalgia ke tahun 60an. Namun untuk konsep terkini, BMW memakai ban depan 21 inci dan belakang 18 inci.

Concept R18

Fitur dan Detail Berkelas

Dibanding pendahulunya (R5) yang hanya bertenaga 500 cc, BMW Motorrad Concept R18 menerima sentuhan mesin modern 1800 cc. Motor ini juga berpendingin udara dan oli, serta dilengkapi blok mesin dan transmisi aluminium berlapis kaca.

Alih-alih menggunakan fuel injection, BMW justru memasang karburator ganda Solex yang diadopsi dari mobil BMW 2002. Pabrikan Jerman itu seolah ingin membangkitkan memori kita ke masa awal BMW Motorrad.

Titik fokus visual lainnya terletak pada poros penggeraknya yang terbuka dan berlapis krom, yang langsung menghubungkan roda belakang ke girboks. Sangat naked memang, dan sengaja dibangun untuk menguatkan “kemurnian” dari gaya klasik itu sendiri.

Pun, sistem kelistrikannya dibuat lebih sederhana. Hanya ada starter dan lampu. Untuk headlamp, terinspirasi BOSCH 1950 dengan sedikit sentuhan modern pada penyematan teknologi LED. Bukan lagi halogen.

Fitur unik juga dijumpai pada knalpot yang berbentuk sirip di bagian ujung. Sedangkan untuk peredam kejut, disembunyikan di bawah jok agar tampilannya lebih rapi.

Kehadiran Concept R18 tentunya jadi sinyal kuat bahwa BMW akan kembali ke arena cruiser. Untuk proyek Concept R18 ini, BMW pun menggandeng builder Ronna Noren dari Unique Custom Cycles yang berbasis di Swedia.

Apakah hasil kolaborasi mereka akan benar-benar diproduksi massal? Kalau iya, Concept R18 bakal jadi penantang yang sengit bagi bobber Triumph dan softail Harley-Davidson. Terlebih, BMW sendiri masih memiliki misi yang belum tuntas, yakni merajai pasar Amerika. (Destri/yollis/Berbagai Sumber/Foto/Video: BMW Motorrad)

Video The New Concept R18

Galeri Foto BMW Motorrad Concept R18

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW Motorrad Concept R18 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #R18 dan #BMWr18concept.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share Bimmer Story: