Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 7 Series G11: Sedan Bongsor yang Penuh Kemewahan

BMW 7 Series G11

Bimmer.ID — BMW 7 Series G11 dengan model flagship ini merupakan generasi keenam dari BMW 7 Series yang diluncurkan secara resmi untuk publik pada tahun 2015 di International Motor Show Germany 2015.

Desain dan fiturnya spektakuler: ringan, pengalaman berkendara yang mengesankan, fitur-fitur kenyamanan dan kemewahan, konektivitas pintar, serta kabin yang luas menjadi daya tarik utamanya. Tak heran, BMW G11 menjadi ikon sedan full size yang terkenal di dunia.

Mesin dan Performa

G11 ini merupakan model short-wheelbase dari BMW 7 Series, sedangkan G12 merupakan model long-wheelbase. Keduanya tetap dilengkapi dengan mesin terbaru, yaitu 3.000cc 6 silinder, dengan Twin Scroll Turbocharger, High Precision Direct Injection, Valvetronic, dan Double Vanos. Transmisinya menggunakan tipe steptronic 8 percepatan.

Tenaga yang dihasilkannya pun bisa mencapai 326 Hp, dengan torsi hingga 450 Nm, yang dapat dirasakan mulai dari 1.380 rpm. Untuk akselerasi 0 – 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5,6 detik saja. Sedangkan konsumsi BBM 15,2 km/liter dan emisi 154 g/km.

Terdapat pilihan tenaga mobil untuk BMW G11 ini. Yang terbesar dimiliki oleh model M760Li, yaitu menggunakan 6,592 cc V12, percepatan steptronic transmission dan sistem penggerak BMW xDrive pada versi facelift yang dapat menghasilkan kekuatan maksimum 602 Hp dan torsi 800 Nm.

BMW G11

Versi Facelift pada Eksterior

Di tahun 2019, BMW G11 mengalami serangkaian perubahan minor, untuk mengikuti tren model mobil di tahun 2020. Perubahan dari BMW G11 ini dapat terlihat dari eksteriornya, yaitu BMW Kidney Grille yang lebih besar dan lebar (sekitar 40% dari dibandingkan sebelum mengalami facelift).

Hal ini akhirnya memengaruhi ukuran desain logo BMW yang akhirnya menjadi lebih besar. Lekuk kap mesin juga semakin  terkesan tegas dan berkelas khas seri 7.

Selain itu, pada headlamp-nya telah dilengkapi fitur laserlight dengan high-beam yang dapat menjangkau hingga 560 meter. Model V8 dan hybrid bahkan diperbaharui dengan sistem handsfree driving yang dapat beroperasi di bawah kondisi tertentu.

Untuk memastikan kenyamanan berkendara bagi penggunanya, versi facelift ini menambah acoustic insulation di ruang fender ban belakang dan kaca samping mobil dengan ketebalan 5.1 mm untuk meningkatkan kekedapan di dalam kabin.

Interior yang Penuh Kemewahan

Desain dashboard tetap sama dengan versi sebelumnya. Perbedaan mendasar terlihat di area pengemudi, yakni instrument cluster yang digantikan dengan layar 10.25 inch control display. Mengikuti versi BMW 8 Series, yang memiliki koneksi bluetooth, DVD drive hard disk 20 GB yang dapat digunakan untuk sistem navigasi maupun TV.

Hal canggih lainnya yaitu gesture control. Di area dashboard tengah terdapat layar 12 inch BMW iDrive 7.0 yang bisa digunakan hanya dengan gerakan tangan untuk mengatur volume, mengganti aplikasi, mengangkat/menutup telepon, dan masih banyak lagi. (Ivy/yollis/berbagai Sumber/Foto: via AutoWorld/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 7 Series lainnya

 

Video BMW 7 Series G11/G12 | Tahun Produksi: 2015 – 

Foto Terbaru BMW 7 Series G11/G12

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW G11/G12 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMWG11, #BMWG12.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share Bimmer Story: