Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

Strategi BMW Membangun Brand Melalui Film Pendek

Film pendek BMW

Bimmer.ID — Siapa yang tidak mengenal brand BMW, raja otomotif yang mengeluarkan produk-produk mobil mewah di pasaran. Soal promosi, BMW tidak main-main agar produknya dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya dengan memproduksi film pendek yang mengusung brand mereka. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja film pendek BMW, simaklah ulasan berikut.

BMW Movie merupakan terobosan baru dalam media promosi. Perusahaan otomotif ini merilis film pertama kali pada tahun 2001. Ketika itu, masyarakat dunia belum mengenal media sosial. Bahkan Youtube, Twiter, Dailymotion, maupun Facebook belum eksis.

The Hire

The Hire merupakan seri dari rangkaian 8 film pendek yang memiliki durasi sekitar 10 menit. Setiap filmnya saling berkaitan dan menggunakan mobil BMW yang berbeda-beda. Namun, sebagai bentuk kesinambungan, tokoh utamanya konsisten pada satu orang yaitu Clive Owen yang berperan sebagai “the driver”. Seorang laki-laki yang mendapat pekerjaan sebagai perantara, baik mengantar orang maupun barang.

Tidak hanya satu sutradara yang menggarap film promosi BMW, melainkan beberapa sutradara yang saling bergantian. Mulai dari Ambush, yang digarap oleh John Frankenheimer dengan mobil BMW 740i. Kemudian Chosen, disutradarai oleh Ang Lee yang lebih menonjolkan mobil BMW 540i. Film The Follow berhasil ditangani oleh Wong Kar-Wai yang memakai BMW 328i Coupe dan Z3 roadster. Dua film pendek sebagai penutup seri pertama yaitu Star dan Powder Keg dikerjakan oleh Guy Ritchie dengan BMW M5 dan Alejandro Gonzalez Inarritu dengan mobil BMW X5 3.0i.

Pada seri keduanya, The Hire hanya terdiri dari 3 film pendek dengan fokus menggunakan BMW Z4 3.0i. Hostage sebagai pembuka seri digarap oleh John Woo. Kemudian Joe Canahan menjadi sutradara Ticker. Sebagai penutup seri, Beat the Devil dikerjakan oleh Tony Scott.

The Escape

Film ini lahir setelah 14 tahun lamanya seri The Hire berakhir. Selain sebagai promosi BMW 5 Series 2017, juga sebagai bentuk perayaan 100 tahunnya BMW. The Escape kembali dibintangi oleh Clive Owen sebagai “the driver” dan digarap oleh sutradara District 9, Neil Blomkamp. Turut menghadirkan pula bintang-bintang ternama, mulai dari Dakota Fanning, Jon Bernthal dari seri Walking Dead, dan Vera Farmiga dari The Conjuring.

The Escape bercerita tentang Lily, manusia kloning yang masih tersisa. FBI ingin melenyapkan Lily dan semua fasilitas yang menyangkut tindakan ilegal genetika tersebut. Holt, seorang tentara bayaran yang menjadi pelindung Lily memperlakukannya semena-mena. Kemudian “the driver” yang ditugaskan untuk mengantar Lily ke suatu tempat untuk dijual, melakukan pembelokan dengan menyelamatkan Lily dari Holt dan perdagangan manusia yang bakal terjadi.

Secara tak langsung, film-film tersebut memberikan pesan bahwa hidup itu penuh tantangan, dan salah satu cara menaklukkan tantangan di jalanan hanya dengan kehandalan mobil BMW.  Nah, biar lebih lengkap, maka berikut ini adalah playlist dari serial film pendek BMW untuk Anda tonton. Check it out! (Badiah/ymn/Berbagai Sumber/Foto: BMWBlog.com)

 

Film Pendek BMW: 
The Hire: The Follow (2001), Ambush (2001), Powder Keg (2001), Chosen (2001), Star (2001), Hostage (2002), Ticker (2002), Beat The Devil (2002). Film terbaru BMW adalah: The Escape (2016).

Simak juga: Ada BMW Serie 7 Terbaru di Film “Red Sparrow”

 

Share this Story: