Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

Mengenal Museum BMW dan Koleksi Bersejarahnya

Museum BMW

Bimmer.ID — Menghormati sejarah. Itulah yang dilakukan BMW, sebagai salah satu produsen mobil tingkat atas. BMW tak main-main dalam mengenang perjuangan di masa lalu, sehingga mengabadikannya menjadi sebuah museum. Museum yang dimaksud terletak di Munich, Bavaria, Jerman, berhadapan dengan kantor pusat BMW sendiri. Nah, bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang museum BMW, simaklah ulasan berikut.

Sejarah Berdirinya Museum BMW

Bangunan yang dikenal sebagai mangkuk Salad ini, didirikan pada tahun 1973, tak lama setelah Olimpiade Musim Panas dibuka. Perancangnya adalah Profesor Wina Karl Schwanzer, yang juga merupakan perancang markas besar BMW. Struktur bangunannya direnovasi pada tahun 2004, dan selesai 4 tahun kemudian.

Banyak arsitek besar dan perusahaan yang tergabung dalam proyek renovasi tersebut. Di antaranya Atelier Brückner, yang bertanggung jawab terhadap desain perencanaan, arsitektur, dan pameran. Selanjutnya, ART + COM menyediakan desain media spasial dan instalasi interaktif. Lalu, ada pula perusahaan Swiss Delux AG, yang terlibat dalam desain pencahayaan umum.

Proses renovasi meliputi pembangunan tujuh rumah pameran, yang arsitekturnya dibuat dengan menggunakan kaca dan baja, agar memiliki efek kontras dengan mangkuk kubah. Identitas individu diberikan kepada masing-masing rumah berdasarkan tema yang berbeda.

Museum BMW

Pameran Produk Keluaran BMW dari Segala Usia

Museum ini merupakan bentuk pameran langsung terhadap produk-produk BMW, dari produk lama sampai versi terbaru. Pun difungsikan untuk menunjukkan perkembangan teknis BMW sepanjang sejarah perusahaan; mulai dari mesin dan turbin, pesawat terbang, sepeda motor, dan kendaraan dalam berbagai variasi.

Saat berkunjung, Anda juga dapat melihat berbagai koleksi Rolls Royce dan Mini Cooper yang bersanding dengan seri BMW lainnya. Di bagian depan pameran, mata Anda akan dimanjakan dengan kumpulan motor gede keluaran BMW. Seluruh area pameran yang terbagi menjadi 25 titik dapat diakses oleh pengunjung dengan menggunakan rute tur standar,  tepatnya pada waktu operasional di hari Rabu-Minggu mulai pukul 10.00 pagi – 06.00 sore.

BMW Museum

Jalan-Jalan dan Belanja Suvenir Khas BMW

Selain berkeliling di rumah tematik yang ada di Jalan Asphalted, Anda juga bisa membawa pulang suvenir khas produsen mobil ternama tersebut. Beberapa suvenir khas yang dijual antara lain, mobil-mobil mini milik BMW, plakat magnet BMW, puzzle BMW yang bisa dimainkan oleh anak-anak, gantungan kunci bertemakan BMW, termometer unik khas BMW, sampai jam dinding lucu dengan latar mobil ataupun motor keluaran BMW.

Konsep dari museum BMW adalah modern dan dinamis, layaknya desain mobil yang menjadi ciri khasnya. Tiap area memiliki tema-tema tersendiri yang akan selalu memanjakan para pengunjung. Sekalipun telah berusia lebih dari satu dekade, tetapi kemegahannya tetap terlihat. Yuk, berkunjung ke Jerman dan menginjakkan kaki di museum tersebut! (Badiah/ymn/Berbagai Sumber/Foto: FineTravelling.com, ThruMyLens.org)
.

BMW Welt – Museum – Headquarters | Munich, Germany

 

Share this Story: