Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M4 CSL Ludes Terjual di Australia

BMW M4 CSL
Foto: CarExpert.com.au

Bimmer.ID — Seluruh BMW M4 CSL yang disediakan untuk pasar Australia habis terjual dalam waktu singkat karena tingginya antusiasme konsumen.

Kepala Perencanaan Produk dan Pemasaran BMW Australia, Brendan Michel, menyebut bahwa mobil sport edisi terbatas itu terjual dengan cepat.

“Habis semua, banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli mobil ini,” kata Michel.

BMW M4 CSL hanya diproduksi 1.000 unit di dunia, dan Australia mendapat jatah 30 unit dengan harga AUS$303,900 (sekitar Rp3,1 miliar) belum termasuk pajak.

BMW M4 CSL
Foto: via CarExpert.com.au

Mobil khusus balap

BMW M4 CSL merupakan versi lebih ringan dan track oriented dari M4 biasa. Meski memiliki mesin yang sama, tetapi perbedaan tenaga yang dihasilkan cukup signifikan.

Mesin twin turbo 3.000cc 6 silindernya menghasilkan tenaga sebesar 543 HP di 6.250 RPM dengan torsi sebesar 650 NM di antara 2.750 hingga 5.950 RPM. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Mobil supersport BMW tersebut juga memiliki bodi yang lebih kaku dan suspensi khusus yang lebih rendah 8mm jika dibandingkan M4 biasa.

Karena memang dikhususkan untuk bertarung di lintasan balap, M4 CSL memiliki ///M Carbon Ceramic Brakes dan velg super ringan yang didesain khusus dengan balutan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R.

Bobotnya juga 100kg lebih ringan dari M4 Competition, yakni 1.625kg. Penggunaan rem karbon keramik, suspensi, dan velg khusus ini mengurangi bobot sebesar 21kg. Sementara minimnya penggunaan peredam suara mengurangi bobot hingga 15kg.

Banyaknya penggunaan carbon-fibre-reinforced plastic untuk kap mesin, atap, tutup bagasi, dan konsol tengah, juga mengurangi bobot sebesar 11kg.

BMW M4 CSL Interior
Foto: via CarExpert.com.au

BMW M populer di Australia

Australia merupakan pasar terbesar bagi BMW M, di mana 20 persen penjualan divisi Motorsport BMW itu berasal dari sana.

Ke depannya, Michel yakin sekali jika BMW M3 Touring bakal laku keras di Australia. Mobil dengan tipe wagon itu bahkan sedang dikembangkan untuk menggunakan stir kanan.

Dan pada bulan lalu, peluncuran BMW M2 G87 terbaru di ajang Motorclassica yang digelar di Melbourne juga sangat diapresiasi. (Aldion/Car Expert)

Baca juga: BMW M1 Series E26, Sedan Sport Klasik dari BMW

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge