Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Rolls-Royce Silver Shadow Milik Freddie Mercury Dilelang untuk Amal

Rolls Royce Silver Shadow
Foto: via Drive.com.au

Bimmer.ID — Rolls-Royce Silver Shadow milik vokalis band Queen, Freddie Mercury, laku terjual dalam lelang di RM Sotheby’s, London, Inggris, pada Sabtu (5/11) pekan lalu.

Mobil termewah di zamannya itu terjual jauh dari harga perkiraan awal yang hasilnya kemudian didonasikan untuk kegiatan amal.

Rolls-Royce lansiran tahun 1974 tersebut awalnya dibuka di harga £30.000 (sekitar Rp530 juta). Namun karena tingginya minat pembeli, mobil itu terjual di angka £286.250 atau Rp5 miliar lebih.

Hasil penjualan Rolls-Royce Freddie Mercury itu kemudian didonasikan kepada Superhumans Centre, sebuah yayasan amal yang menyediakan bantuan bagi korban perang di Ukraina.

Rolls Royce Silver Shadow
Foto: via Drive.com.au

Mendiang Freddie Mercury memang bukan seorang petrolhead, ia bahkan tidak pernah memiliki SIM. Tetapi, mobil itu dan sopirnya selalu mengantarnya ke manapun selama lebih dari 10 tahun.

Mobil mewah itu masih dilapisi cat Silver Chalice bawaan pabrik, dengan interior kulit berwarna abu-abu, trim kayu, serta aksen krom.

Freddie membeli mobil itu pada 1974, dan baru digunakannya pada 1979 hingga kematiannya pada 1991.

Vokalis keturunan India tersebut membeli mobil itu melalui perusahaan rekaman Goose Production miliknya, yang selanjutnya ia gunakan untuk bepergian di masa kejayaan Queen pada 1980-an.

Mobil ternyaman

Rolls-Royce Silver Shadow dibangun dengan rancangan konstruksi unibody yang membuatnya nyaman dan lega jika dibandingkan dengan mobil-mobil pendahulunya.

Kendaraan ini juga disematkan teknologi suspensi proprietary hydropneumatic dari Citroen yang membuatnya tetap stabil dan supernyaman saat melintasi jalan rusak atau bergelombang.

Di sektor mesin, Rolls-Royce Silver Shadow ini menggunakan konstruksi V8 6.750cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 189 HP di roda belakang.

Rolls Royce Silver Shadow

Dokumentasi lengkap

Seluruh dokumentasi terkait mobil ini tersimpan dengan baik, di mana tertera nama Freddie Mercury dan pasangannya, Mary Austin, dalam buku servisnya.

Di BPKB-nya pun tertera nama Jim Beach, manajer band Queen, yang menyebutkan bahwa mobil itu diserahkan kepada adiknya Freddie, Kashmira Cooke, ketika sang vokalis meninggal dunia.

Pemilik terakhir mobil ini membelinya pada 2013. Dari informasi yang disediakan oleh Sotheby’s, tertulis jika Rolls-Royce tersebut cukup lama disimpan dan telah lolos inspeksi mekanis sebelum dipasarkan.

Pemilik barunya dikabarkan merasa sangat beruntung, mengingat dirinya memiliki salah satu benda bersejarah dari dunia rock-and-roll dan uangnya digunakan untuk amal membantu sesama manusia. (Aldion/Drive/Autoevolution)

Baca juga: Kendaraan Hidrogen Bakal jadi Trend Masa Depan

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge