Bimmer.IDBimmer.ID
  • HOME
  • NEWS
    • BMW News
    • BMW Stories
    • EV News
    • Golf Life
    • How-To
    • Lifestyle
    • Modifikasi
    • Pariwara
    • Supercars
  • BMW MODELS
  • BMW MOTORRAD
  • MINI
  • KOMUNITAS
  • ADVERTISING
Reading: Mengenal Sejarah Mesin M70 V12 BMW yang Berbasis dari M40
Share
Sign In
Notification
Bimmer.IDBimmer.ID
Search
  • HOME
  • NEWS
    • BMW News
    • BMW Stories
    • EV News
    • Golf Life
    • How-To
    • Lifestyle
    • Modifikasi
    • Pariwara
    • Supercars
  • BMW MODELS
  • BMW MOTORRAD
  • MINI
  • KOMUNITAS
  • ADVERTISING
Follow US
© 2024 Media Bimmer Indonesia. All Rights Reserved.
Bimmer.ID > BMW Stories > Mengenal Sejarah Mesin M70 V12 BMW yang Berbasis dari M40
BMW Stories

Mengenal Sejarah Mesin M70 V12 BMW yang Berbasis dari M40

Siapa yang menyangka jika mesin M70 V12 pertama BMW ternyata memiliki basis serupa dari mesin M40 yang terdapat pada E30 tipe 318i?

BIMMER.ID
Last updated: July 5, 2023 7:51 am
BIMMER.ID
Published: July 5, 2023
Share
Sejarah Mesin M70 V12 BMW
The M73 V12 Engine | Foto: via BMW Blog
SHARE

Bimmer.ID — Di awal dekade 1970-an, Jaguar Cars di Coventry, Inggris, menciptakan mesin berkonfigurasi V12 produksi massal pertama di dunia. Mesin itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Saking hebatnya, model ini diproduksi selama 26 tahun (1971-1997) dengan jumlah produksi total sebanyak 161.583 unit.

Mercedes-benz berusaha untuk menciptakan mesin V12 yang melampauinya, namun gagal total. Sementara BMW tidak terburu-buru, mereka mengeksplorasi berbagai pilihan.

BMW sempat berpikit untuk menggabungkan mesin M20 enam silinder segaris mereka untuk menciptakan sebuah mesin V12. Namun semuanya berubah oleh mesin M40.

Mesin V12 BMW mengalahkan Mercedes

Di awal dekade 1980-an, saat dalam proses mengembangkan mesin M70 V12, BMW sadar jika mesin M20 SOHC mereka sudah tergolong usang dan bakal digantikan oleh mesin M50.

Dan saat itu juga BMW sedang mengerjakan mesin empat silinder segaris baru berkode M40 untuk menggantikan mesin M10 yang telah diproduksi sejak 1962.

Sebagai informasi, mesin M40 tersedia dalam dua pilihan, yakni M40B16 (1.600 cc) dan M40B18 (1.800 cc) yang dibekali di model E30 316i/318i dan E36 316i/318i.

Jika dibandingkan dengan M10, mesin M40 lebih kecil, ringan, senyap, bertenaga, dan irit BBM. Semua itu bisa tercapai berkat kepala piston dan desain ruang bakarnya yang cerdas.

Dan terpenting, M40 didesain untuk produksi massal, sedangkan mesin V12 hanya ditujukan sebagai semacam ‘trofi pembuktian’.

Namun pada akhirnya, mesin M70 V12 BMW ini benar-benar dibuat dengan menggunakan basis desain dari M40 serta dimanufaktur dengan peralatan yang sama pula.

Hasilnya sangat memuaskan, BMW berhasil mengalahkan Mercedes-Benz dan menjadi pabrikan pertama asal Jerman yang membuat sedan mewah bermesin V12, empat tahun lebih dahulu ketimbang Mercedes-Benz.

Halus, andal, dan bertenaga

Saat E32 750iL diperkenalkan di akhir tahun 1987, BMW sedang mengembangkan mesin alumunium V8 32 valve generasi baru guna menggantikan M30 yang berkonfigurasi enam silinder segaris.

Sementara, mesin M70 V12 BMW didesain sebagai proyek low cost yang sangat mengandalkan suku cadang dari mesin yang banyak diproduksi, apalagi kalau bukan M40.

Meaki piston M70 dan M40 memiliki desain serupa, tetapi bahan alloy-nya berbeda. Begitu juga gudgeon pin-nya, sehingga piston M70 terlihat asimetris.

M70 juga menggunakan blok alumunium yang dicetak di dalam silikon Alusil. Proses boring, honing, dan finishing setiap silindernya dilakukan tanpa menggunakan sleeve besi.

Kruk as bajanya yang panjang di-counterweight, dan setiap noken as-nya digerakkan oleh rantai yang terhubung kepada kruk as.

Dengan bore x stroke 84mm/75mm membuat mesin ini memiliki kapasitas 4.988 cc dan kompreai relatif rendah, yakni 8,8:1.

Mesin legendaris

Pada saat itu, kelistrikan serta sistem manajemen M70 termasuk yang tercanggih di zamannya. Sebagai contoh, mesin ini sudah memiliki teknologi EML throttle fly by wire.

Dengan demikian, penggunaan kabel gas tak lagi diperlukan. ECU menggunakan Bosch Motronic 1.7 two systems untuk masing-masing bagian mesin.

Alasannya, agar jika terjadi kerusakan di salah satu bagian mesin, bagian lainnya tetap mampu beroperasi dan berjalan normal dengan menghasilkan tenaga sebesar 150hp.

Saat pertama diluncurkan, mesin M70 V12 BMW ini mampu menghasilian tenaga sebesar 300hp di 5.200 rpm dan torsi 450 nm di 4.100 rpm.

Sebagai perbandingan, Mercedes 560 SL dengan mesin V8 berkapasitas 5.547 cc hanya mampu mengeluarkan daya sebesar 275 hp dan torsi 430 nm.

Namun, apakah BMW akhirnya mampu melampaui mesin V12 Jaguar? Pertanyaan itu sulit untuk dijawab, mengingat keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. (Aldion/BMW Blog)

Mengulik Filosofi Desain BMW 3.0 CSL
BMW M3 1.000 HP Senilai 2,7 M Hilang gara-gara Cek Palsu
Inilah 7 Desainer BMW 3 Series dari Berbagai Generasi
Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport
BMW Motorrad Concept R18: Sang Legenda yang Lahir Kembali
TAGGED:M40Mesin LegendarisMesin M70 V12Mesin M70 V12 BMWSejarah Mesin M70 V12
SOURCES:BMW Blog
Previous Article Penggunaan Ponsel di Pesawat UE Segera Mengizinkan Penggunaan Ponsel di Pesawat
Next Article BMW Astra Golf Tournament 2023 Manjakan Pelanggan Loyal, JOYCUP: BMW Astra Golf Tournament Hadir kembali

Follow Us

FacebookLike
XFollow
InstagramFollow
LinkedInFollow

Sponsored

BMW Maybank Visa
Layanan Eksklusif BMW Maybank Visa dan Canggihnya BMW iX dan i4
Pariwara
Mini Maybank Visa
Mobil Listrik MINI dan Keuntungan Eksklusif MINI Maybank Visa
Pariwara

Arikel Terbaru

BMW Astra Surabaya
BMW Astra Surabaya Hadirkan Konsep Retail.Next dan BMW M Corner
May 9, 2025
Retail.Next
BMW MINI Eurokars PIK 2 Tawarkan Retail.Next Pertama di Indonesia
May 7, 2025
Connected Audiences
Bimmer.ID Luncurkan Platform Iklan Bimmer Connected Audiences
May 6, 2025
Lee Ritenour
Lee Ritenour, UMI hingga RAN Akan Hadir di Java Jazz Festival 2025
April 29, 2025
BMW M2 Racing
BMW M Motorsport Resmi Luncurkan BMW M2 Racing untuk Musim 2026
April 29, 2025
Segmen EV Premium
BMW Indonesia Mendominasi Rekor Penjualan di Segmen EV Premium
April 25, 2025

Artikel Menarik Lainnya

BMW M550i
BMW Stories

Pengalaman Mendebarkan dengan BMW M550i

2 Min Read
Bengkel Spesialis BMW Klasik
BMW Stories

68 Eka Nusa, Bengkel Spesialis BMW Klasik di Medan

5 Min Read
Oliver Zipse
BMW Stories

Oliver Zipse, CEO BMW yang Strategis dan Efisien

3 Min Read
40 Tahun BMW M1
BMW Stories

40 Tahun BMW M1: Ikon Mobil Sport yang Legendaris

3 Min Read
Previous Next
/// We influence 650,000+ Indonesian BMW Owners & Enthusiasts with exclusive BMW information everyday.

Info Bimmer

  • ABOUT US
  • INFO IKLAN
  • MY BOOKMARKS
  • PRIVACY POLICY
  • TERMS OF USE
  • DISCLAIMER
  • CONTACT

Bimmer Store

  • BMW ACCESSORIES
  • BAG & LUGGAGE
  • BMW LIFESTYLE
  • INTERIOR FRAGRANCES
  • MINIATURE
  • MOTORRAD LIFESTYLE
  • PUMA MOTORSPORT
  • RIDING GEAR
Bimmer.IDBimmer.ID
Follow US
Copyright © 2024 Media Bimmer Indonesia. All Rights Reserved | Terms of Use | Privacy Policy
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?