Bimmer.IDBimmer.ID
  • HOME
  • NEWS
    • BMW News
    • BMW Stories
    • EV News
    • Golf Life
    • How-To
    • Modifikasi
    • Pariwara
    • Supercars
  • BMW MODELS
  • BMW MOTORRAD
  • MINI
  • LIFESTYLE
  • KOMUNITAS
Reading: Mengulik Sejarah Slogan BMW ‘Sheer Driving Pleasure’
Share
Sign In
Notification
Bimmer.IDBimmer.ID
Search
  • HOME
  • NEWS
    • BMW News
    • BMW Stories
    • EV News
    • Golf Life
    • How-To
    • Modifikasi
    • Pariwara
    • Supercars
  • BMW MODELS
  • BMW MOTORRAD
  • MINI
  • LIFESTYLE
  • KOMUNITAS
Follow US
© 2024 Media Bimmer Indonesia. All Rights Reserved.
Bimmer.ID > BMW Stories > Mengulik Sejarah Slogan BMW ‘Sheer Driving Pleasure’
BMW Stories

Mengulik Sejarah Slogan BMW ‘Sheer Driving Pleasure’

Slogan BMW Sheer Driving Pleasure telah menjadi bagian dari pengalaman berkendara selama lebih dari setengah abad.

BIMMER.ID
Last updated: January 5, 2024 2:08 pm
BIMMER.ID
Published: January 5, 2024
Share
Slogan Iklan BMW
Iklan klasik BMW | Foto: via BMW.com
SHARE

Bimmer.ID — “Freude am Fahren” atau sheer driving pleasure (kenikmatan dalam berkendara) telah menjadi slogan BMW sejak tahun 1965.

Ketiga kata itu hingga kini selalu digunakan dalam seluruh iklan produk BMW di berbagai platform, termasuk sosial media.

Semua berawal pada tahun 1936 ketika BMW membuat billboard iklan bagi motor dan mobil mereka.

Di billboard itu BMW menuliskan keterangan “Kraftfahren muss Freude bereiten!” atau Driving should be a pleasure! (Berkendara haruslah menyenangkan!).

Kata “Freude” dalam bahasa Jerman memiliki arti “Kenikmatan” atau “Kesenangan”. Lalu berikutnya ada iklan yang khusus untuk diler-diler BMW yang berisi keterangan “Freude und Nutzen” (Kenikmatan dan kenyamanan).

Tagline BMW
Iklan klasik BMW | Foto: via BMW.com

Kemudian ada pula iklan untuk BMW 326 Touring bermesin enam silinder yang menjanjikan para pembeli dengan kalimat “Doppelte Freude am Fahren” (kenikmatan berkendara dua kali lipat).

Pada 1955 BMW merilis slogan ceria untuk Isetta yang berbunyi “Freude haben – Kosten sparen – BMW Isetta fahren” (Menyenangkan untuk dikendarai. Mari berhemat, kendarai BMW Isetta).

Di sini kata “Freude” muncul kembali, namun masih belum dianggap cocok dengan kata-kata lainnya.

BMW bahkan sempat merilis slogan “BMW … eine Klasse für sich” (BMW… Kelas tersendiri) yang kemudian sering digunakan dalam setiap rilis pers BMW. Namun, mereka masih merasa ada yang kurang.

Iklan klasik BMW
Iklan klasik BMW | Foto: via BMW.com

Slogan BMW Sheer Driving Pleasure

Semua itu berubah di awal dekade 1960-an ketika BMW mulai merilis generasi Neue Klasse (New Class) mereka.

Generasi terbaru ini dipasarkan dengan menggunakan strategi yang terdiri dari tiga elemen, yakni sporty, andal, dan menggoda.

Dan pada 1964 sebuah iklan untuk BMW 1800 memiliki kalimat akhir yang berbunyi “... aus Freude am Fahren.” (… untuk kenikmatan dalam berkendara).

Kalimat itu kemudian diadopsi oleh BMW sebagai slogan resmi mereka dan dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari brand image BMW.

Barulah pada tahun 1972 BMW membuat standar bagi slogan “Freude am Fahren” mereka yang memiliki arti Sheer Driving Pleasure.

Itu karena, sebelum 1972, slogan tersebut dalam bahasa Inggris diartikan lebih bebas dan bermacam-macam.

Namun, slogan dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat yang berbunyi “The Ultimate Driving Machine” menjadi pengecualian.

“Slogan BMW Sheer Driving Pleasure memberikan emosi positif dan bukan sekedar kalimat kosong belaka,” kata Head of Corporate and Brand BMW Group Joachim Blickhäuser. (Aldion/BMW.com)

Podcast BMW tentang Sejarah Slogan BMW

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah slogan BMW, dengarkan juga podcast Canging Lanes dari BMW berikut ini:

Velg Langka BMW M1 ini Dijual, Harganya Bikin Melongo
Mengenal N74, Mesin V12 Terakhir dari BMW
Seperti Baru, BMW E30 ini Dijual Mahal Rp1,2 Miliar
68 Eka Nusa, Bengkel Spesialis BMW Klasik di Medan
Podcast: BMW G20 vs BMW F30, Mana yang Terbaik?
TAGGED:Podcast Changing LanesSejarah Slogan BMWSheer Driving PleasureSlogan BMWTagline BMW
SOURCES:BMWPodcast: BMW Changing Lanes
Previous Article Superleggera Concept Akankah MINI Memproduksi Superleggera Concept?
Next Article Mansory Mansory bikin BMW Seri 7 Tampil lebih Garang

Follow Us

FacebookLike
XFollow
InstagramFollow
LinkedInFollow

Sponsored

BMW Maybank Visa
Layanan Eksklusif BMW Maybank Visa dan Canggihnya BMW iX dan i4
Pariwara
Mini Maybank Visa
Mobil Listrik MINI dan Keuntungan Eksklusif MINI Maybank Visa
Pariwara

Arikel Terbaru

Beauty of Imperfection
MINI JCW & Deus Ex Machina Hadirkan “Beauty of Imperfection”
September 18, 2025
BMW Exhibition
BMW Exhibition Perdana Hadir di Mall Kelapa Gading 3
September 17, 2025
Video Dokumentasi
BMW Group Rilis Video Dokumentasi Eksklusif Neue Klasse
September 15, 2025
Fun Billiards Competition
BMWCCI Bandung Chapter Menggelar Fun Billiards Competition
September 15, 2025
Audi F1 Team
Audi F1 Team Gandeng adidas sebagai Apparel Partner Resmi
September 10, 2025
Gen M
BMW M Tingkatkan Spirit Motorsport Lewat GEN M
September 10, 2025

Artikel Menarik Lainnya

Sejarah BMW Z1
BMW Stories

Sejarah BMW Z1, Roadster Moderen Pertama

3 Min Read
BMW E46 CSL
BMW Stories

Netizen Dihebohkan oleh BMW E46 CSL yang Telantar Selama 17 Tahun

2 Min Read
Sejarah LogoBMW
BMW Stories

Fakta dan Mitos Seputar Sejarah Logo BMW

4 Min Read
E36 Hybrid
BMW Stories

Tahukah Anda jika BMW pernah Membuat E36 Hybrid?

3 Min Read
Previous Next
/// We influence 650,000+ Indonesian BMW Owners & Enthusiasts with exclusive BMW information everyday.

Info Bimmer

  • ABOUT US
  • INFO IKLAN
  • MY BOOKMARKS
  • PRIVACY POLICY
  • TERMS OF USE
  • DISCLAIMER
  • CONTACT

Bimmer Store

  • BMW ACCESSORIES
  • BAG & LUGGAGE
  • BMW LIFESTYLE
  • INTERIOR FRAGRANCES
  • MINIATURE
  • MOTORRAD LIFESTYLE
  • PUMA MOTORSPORT
  • RIDING GEAR
Bimmer.IDBimmer.ID
Follow US
Copyright © 2024 Media Bimmer Indonesia. All Rights Reserved | Terms of Use | Privacy Policy
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?