Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Testing Ground BMW Terbaru segera Buka di Republik Ceko

Testing Ground BMW
Foto: BMW Group

Bimmer.ID — BMW saat ini sedang mempersiapkan sebuah tempat pengujian (testing ground) baru bagi kendaraan mereka di Sokolov, Republik Ceko.

Dikutip Bimmer.id dari laman BMW Blog, Jumat (29/7/2022), tempat yang menelan dana sebesar €300 juta (atau sekitar Rp 4,5 triliun) itu disebut bakal memberikan tambahan ‘jam terbang’ bagi BMW dalam hal teknologi elektronik, digitalisasi, dan kendaraan otonom.

Testing Ground BMW

Pabrikan asal Jerman itu bahkan telah menyiapkan dua seksi lintasan khusus untuk mengujicoba kendaraan otonom serta serangkaian sistem pendampingan (assistance systems).

Fasilitas uji coba terbaru ini diharapkan bakal segera beroperasi secara penuh pada pertengahan tahun 2023, dengan lebih dari 100 tenaga kerja lapangan.

Tempat pengujian bernama The New Technology Area ini memiliki luas 90.000 meter persegi, sesuai standarisasi homologasi, yang terdiri dari tiga lintasan terpisah.

Ketiga lintasan itu menyediakan kondisi optimal bagi uji coba assistance systems serta kebiasaan di persimpangan jalan, pengereman darurat, dan kemampuan menghindar saat situasi darurat. Rangkaian tes tersebut disiapkan dan dikendalikan dari ruang pengendali gabungan temporer.

“Peluncuran awal dua seksi lintasan dilakukan sebagai persiapan untuk pengujian resmi bagi kendaraan di Solokov. Kami saat ini sedang menguji sistem pendampingan dari sisi keselamatan pengendara dan terus mengembangkannya dalam berbagai skenario,” kata Manajer Proyek Sokolov BMW Group Andreas Heb.

“Mulai pertengahan 2023, tempat pengujian baru di Republik Ceko ini akan mulai beroperasi. Selain itu (tempat ini) juga bakal membantu fasilitas uji coba BMW Group lainnya yang terletak di Aschheim, dekat Munich, Miramas di Prancis, dan Arjeplog di Swedia.”

BMW juga menyebutkan jika tempat pengujian baru ini memiliki jalan raya sepanjang enam kilometer dan sebuah sirkuit model jalan raya untuk mengujicoba kendaraan otonom. Lintasan itu memiliki dua jalur fungsional dan jalur henti darurat, termasuk trek lurus sepanjang satu kilometer.

“Pengembangan lokasi BMW Group di Eropa Tengah menciptakan kesempatan-kesempatan baru. Sokolov menawarkan kondisi dan wilayah yang ideal bagi kami untuk memperluas lokasi pengujian,” kata Robert Thurner, Kepala Manajemen Real Estate BMW Group wilayah Eropa dan Timur Tengah.

“Kerjasama dan kepercayaan pada pemilik properti Sokolovská uhelná dan seluruh perwakilan politik merupakan bukti bahwa pilihan kami akan tempat baru ini merupakan langkah yang tepat,” lanjut Thurner. (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Strategi BMW Membangun Brand melalui Film Pendek

 

Share Bimmer Story:
Penawaran eksklusif untuk pengguna MINI: Ajukan MINI Maybank Kartu Kredit Sekarang!