Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

Bimmer atau Beemer? Ini Asal Usul Sebutan bagi BMW

Bimmer atau Beemer
Foto: BimmerPost

Bimmer.ID — Penggemar otomotif sedikit banyak pasti pernah mendengar sebutan bimmer”, “beemer”, atau “beamer” yang diperuntukkan bagi BMW. Mungkin Anda juga bertanya-tanya, apa sih yang membedakannya?

Nah untuk mengulasnya lebih dalam, kali ini kami mencoba mencari jawaban dari ‘nama kecil’ (nickname) yang benar, baik dari sisi penyebutan maupun penulisan, bagi merek kendaraan favorit kita ini.

Dikutip Bimmer.ID dari web resmi BMW, sebenarnya dari ketiga penulisan itu (“bimmer”, “beemer”, atau “beamer”) tidak ada yang salah. Tetapi memang ada sebutan khusus yang membedakannya untuk mobil dan motor produksi BMW.

Kata “bimmer” merupakan sebutan untuk mobil BMW, sementara “beemer” dan “beamer” mengacu kepada sepedamotor BMW. Kenapa bisa begitu?

Asal Usul Beamer

Kata “beamer” datang dari Inggris Raya, yang saat itu digunakan untuk membedakan sepedamotor merek BMW dari Birmingham Small Arms (BSA), produsen lokal Inggris, yang dijuluki “beezer”. BMW dan BSA, pada zamannya, sama hebat dan bersaing di ajang balap domestik, yakni, Isle of Man TT.

Pada tahun 1939, Georg “Schorsch” Meier merupakan pebalap asing pertama yang berhasil memenangi kelas bergengsi Senior TT dengan menggunakan BMW 255 Kompressor.

Di tahun-tahun berikutnya, seusai Perang Dunia II, kemenangannya diikuti oleh Walter Schneider, Max Deubel, Siegfried Schauzu, dan Klaus Ender, yang secara total mengantungi 26 kemenangan hingga tahun 1976 dengan menunggangi BMW.

Seiring berjalannya waktu, baik pebalap maupun penggemar balap di Inggris Raya, mulai memberi sebutan “beemer” bagi sepedamotor BMW, sebagai analogi untuk “beezer” BSA.

Selain itu, kata “beemer” juga dinilai lebih sederhana untuk diucapkan, daripada harus menyebut BMW, (oleh pengguna bahasa Inggris diucapkan “bee em double u“), yang notabene lebih panjang.

Lambat laun nama “beemer” untuk sepedamotor BMW kian akrab dan semakin sering digunakan. Seiring berjalannya waktu, pengejaan alternatif “beamer” pun timbul.

Beemer Mempopulerkan Bimmer

Kata “bimmer” mulai digunakan pada tahun 1970-an. Kala itu mobil-mobil buatan BMW meledak popularitasnya di Amerika Serikat. Dan warga AS sudah terbiasa menggunakan kata “beemer“, yang disadur dari penyebutan orang Inggris bagi sepedamotor BMW.

Akan tetapi, klub mobil BMW chapter Boston menerbitkan newsletter dan majalah yang menggunakan ejaan “bimmer“. Dan kata itu pun ternyata lebih disukai untuk menyebut mobil buatan BMW. Uniknya, kata “bimmer” hingga saat ini terus melekat dan digunakan di seluruh dunia, bahkan Jerman sekalipun. (Aldion/BMW.com)

Baca juga: Fakta dan Mitos Seputar Sejarah Logo BMW

 

Share Bimmer Story:
Penawaran eksklusif untuk pengguna BMW: Ajukan BMW Maybank Kartu Kredit Sekarang!