Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

40 Tahun BMW M1: Ikon Mobil Sport yang Legendaris

40 Tahun BMW M1

Bimmer.ID — Setelah 40 tahun BMW M1 hadir, sang legenda otomotif masih dipuja di seluruh dunia. Bahkan, tampilannya tetap terlihat tak lekang oleh waktu. Pada masa kejayaannya, M1 adalah mobil balap sport andal yang mengusung teknologi balap murni dengan tenaga dari mesin 6 silinder segaris.

Sejak awal, M1 merupakan sebuah proyek ambisius dari kendaraan pertama yang didesain oleh BMW Motorsport. Sebutan street legal racing car melekat pada mobil yang muncul pada 1978 ini karena BMW ingin menciptakan mobil balap yang juga bisa dipakai berkendara di luar arena balap.

Saat itu BMW memang masih jadi pemain muda dalam ajang balap mobil. Dikepalai oleh Jochen Neerspach, pabrikan Bavaria ini sadar keterbatasan mereka dalam pengembangan dan produksi mobil tipe tersebut. Maka, BMW menggandeng Lamborghini untuk desain dan perakitan. Namun, karena isu finansial, Lamborghini hanya bisa memproduksi tujuh unit prototipe mobil tersebut. BMW pun cepat-cepat mengambil alih produksi M1.

Itulah mengapa Anda menemukan ‘rasa’ Italia pada desain mobil ini, garis Italia tetapi digerakkan mesin Bavaria. Dengan desain timeless, tipe bodi mobil yang dinamis ini berhasil menggabungkan estetika dan kesan sporty.

Karakteristik utama M1 tampak pada lampu depan lipat dan bilah hitam pada bagian atas jendela belakang. Plus, tinggi mobil yang hanya 1,14 meter sehingga membuat mobil bisa menikung maksimal meski dalam kecepatan tinggi. Dari mesin yang disematkan, tenaga maksimal bisa mencapai 277 hp dengan kecepatan tertinggi 265 km/jam. Jelas bahwa mobil ini lahir dengan DNA balap murni.

Ide Neerspach untuk menyelenggarakan kompetisi BMW M1 Procar Championship menjadi ajang unjuk kebolehan performa sesungguhnya, alih-alih menunggu M1 bisa meluncur pada ajang balap resmi. Sayangnya, kompetisi ini hanya berlangsung dua musim, seiring masuknya BMW Motorsports pada ajang Formula One dan mobil itu pun tidak diproduksi lagi.

Total ada 456 unit M1 yang berhasil dibuat selama 1978 – 1981. Inilah satu-satunya BMW mid-engined yang menjadi legenda otomotif berkat desain, performa, dan ajang Procar Championship. Meskipun demikian, BMW menghadirkan kembali roh M1 melalui penyematan mesin M88 pada Seri 5. Kelahiran generasi pertama M5 – dan seri M lainnya, menjadi bukti sahih kejayaan M1 yang tetap abadi hingga saat ini. (adt/ymn/Berbagai Sumber/Foto: BMW-M.com)

40 Years of M Power. BMW M History

Share this Story: