Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW Yachtsport untuk Pecinta Olahraga Berlayar

Bimmer.ID — Nama besar BMW memang tidak diragukan lagi. Namun, passion pabrikan otomotif asal Bavaria dalam dunia olahraga juga patut diperhitungkan. Salah satunya hadir lewat BMW Yachtsport, komunitas penggemar BMW sekaligus olahraga berlayar. Tidak hanya berperan sebagai sponsor kompetisi, tetapi juga menjadi bagian dalam beberapa tim dan pembinaan tim amatir. Berikut perjalanan BMW dalam menghidupi olahraga berlayar, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat.

Sejarah Piala Amerika
Piala Amerika tidak hanya bicara soal kelihaian para atlet balap layar, tetapi juga penyematan teknologi tinggi dalam kapal. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1851, BMW mulai serius menekuni kompetisi ini pada 2002 dengan bergabung bersama US Challenger Oracle BMW Racing. Dukungan yang diberikan saat itu berupa penyematan teknologi pada peralatan berlayar para pelaut, serta hal-hal teknis terkait performa kapal layar.

Pada tahun pertamanya, tim berhasil mencapai final Louis Vuitton Cup. Kemudian, tim BMW Oracle Racing kembali mengandalkan keahlian BMW dalam merancang kapal layar berbobot ringan untuk berlomba dalam Piala Amerika 2007 di Valencia.

Sejarah pun tercetak ketika tahun 2010 tim tersebut berhasil menjuarai Piala Amerika untuk kali pertama. Lima tahun kemudian, BMW menjadi partner global Piala Amerika ke-35, serta melanjutkan kemitraan teknologi dengan tim Oracle USA. BMW membawa pengalaman menciptakan mobil dengan performa tinggi dan berbobot ringan ke dalam kompetisi kapal layar ini. Kuncinya terletak pada penggunaan katamaran, yang membuat kapal bisa bergerak lebih stabil. Bersama layar bersayap, kapal pun mampu mencapai kecepatan luar biasa.

BMW Sail Racing Academy
BMW Sail Racing Academy lahir dari sebuah komitmen yang bertujuan membina pelaut amatir. Hadir sejak tahun 2005, pelatihan ini membekali para pelayar dengan teknik pelayaran profesional dan strategi balap yang taktis, yang disampaikan oleh para atlet berpengalaman.

Di sini para amatir belajar bagaimana mengendalikan kapal sejak sebelum lomba, saat start dimulai, selama berlayar, hingga mencapai garis finish. Strategi berkendara dengan mobil BMW ternyata dapat diaplikasikan pula pada balap kapal layar, termasuk kepiawaian mengelola kondisi psikologis para atlet.

Pelatihan selama beberapa hari ini tidak hanya berisi teori, tetapi juga bagaimana praktik langsung dengan tujuan pelayaran ke Valencia. Bagi peserta terbaik, mereka akan memperoleh kesempatan langka untuk berpartisipasi di Copa del Rey, salah satu regatta paling bergengsi di Laut Mediterania.

Dua kontribusi tersebut mampu menjelaskan bagaimana BMW dan olahraga berlayar adalah saling melengkapi satu sama lain. Inilah upaya serius BMW untuk memajukan dunia olahraga, selain menjadi pemain utama dalam industri otomotif dunia. (andt/ymn/Berbagai Sumber/Foto: BMWYachtSport.com)

Share this Story: