Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

5 BMW Special Edition Terbaik yang Pernah Dirilis

BMW Special Edition Terbaik
Foto: via Hotcars.com

Bimmer.ID — Apa yang lebih keren daripada BMW ///M? BMW M special edition tentu saja. Di artikel ini kita akan membahas lima model BMW Special Edition Terbaik yang Pernah Dirilis.

BMW merupakan salah satu produsen kendaraan terbesar di dunia, yang hingga kini telah banyak sekali menciptakan varian dan model bagi para pelanggan globalnya.

Pabrikan asal Jerman ini menawarkan kendaraan mulai dari hatchback, sedan, coupe, crossovers, dan bahkan executive saloon. BMW juga dikenal karena telah menciptakan kendaraan spesial berperforma tinggi dari tahun ke tahun.

BMW Special Edition Terbaik 

Dan kendaraan-kendaraan berjumlah terbatas ini merupakan idaman para enthusiast serta kolektor yang ingin sekali meminangnya. Berikut lima BMW special edition paling keren yang pernah dirilis.

1. BMW E46 CSL

Di kalangan para penggemar otomotif, E46 M3 dianggap sebagai M3 paling populer setelah E30 M3. Desainnya yang kompak dan ringan menjadikan mobil ini sangat lincah dan bertenaga saat dikemudikan.

Tidak sampai di situ, BMW kemudian menciptakan E46 M3 versi CSL yang lebih ringan dengan performa mesin yang lebih baik lagi.

Bagian interior E46 M3 CSL dimodifikasi sedemikian rupa oleh BMW sehingga bobotnya turun drastis. Body yang ringan itu kemudian disandingkan dengan mesin S54B32 yang mampu mengeluarkan 355 HP serta girboks otomatis terbaru pada zamannya.

2. BMW E12 530 MLE

Jika Anda mencari BMW yang unik dan klasik, maka Anda harus memiliki E12 530 MLE. Mobil ini merupakan edisi homologasi spesial yang didesain secara spesifik untuk berkompetisi di balapan production class Afrika Selatan.

BMW E12 530 MLE menggunakan mesin enam silinder segaris berkapasitas 3.000cc dengan tenaga 197 HP. Berbeda dari E12 lainnya, sasis mobil ini sudah diupgrade serta disematkan suspensi Bilstein, per yang lebih keras, dan anti-roll bar.

Agar lebih terasa khusus dan berbeda dari yang lain, mobil ini dilebur dengan cat tiga warna, sehingga dapat dibedakan langsung dari E12 versi lain.

3. E92 M3 GTS

E92 merupakan M3 pertama dan satu-satunya yang mengusung mesin berkonfigurasi V8. Meski banyak orang menilai jika mobil ini sudah cukup bertenaga, maka versi GTS-nya lebih galak lagi.

Versi standarnya, E92 M3 menggunakan mesin S65 berkapasitas 4.000 cc. Sementara versi GTS menggunakan mesin yang sama, tetapi kapasitasnya ditingkatkan menjadi 4.400 cc dan mengeluarkan 444 HP.

E92 M3 GTS disematkan transmisi dual-clutch 7 percepatan. Bobot mobil ini 136 Kg lebih ringan dibandingkan E92 M3 biasa. Suspensinya lebih keras dengan sistem pengereman yang lebih baik. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 135 unit saja.

4. M2 CS

BMW M2 CS adalah versi edisi terbatas dari M2 biasa. Mobil ini memiliki mesin berkekuatan 444 HP yang dapat melontarkannya dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,8 detik saja.

Versi CS ini juga disematkan Adaptive M Suspension serta ban berperforma tinggi sehingga mampu melejit hingga 295 km/jam. Dan hebatnya lagi, mobil ini ada versi transmisi manualnya.

5. M8 Individual Manufaktur Edition

M8 merupakan mobil paling spesial bagi BMW sebagai sebuah brand eksklusif. Di awal kehadirannya, Seri 8 ini didesain sebagai sebuah grand touring (GT).

BMW kemudian menciptakan versi berperforma tinggi guna memanfaatkan teknologi terbaik yang mereka miliki di zamannya. Dan hasilnya adalah sebuah mobil GT yang memiliki segalanya, mulai dari performa, kemewahan, dan kenyamanan.

Kemudian BMW melangkah lebih jauh lagi saat merilis M8 Individual Manufaktur Edition. Ini merupakan versi M8 yang hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja di seluruh dunia.

Seluruh unitnya memiliki warna two-tone dengan komponen berwarna hitam di bagian eksterior.

Untuk mesin, M8 Individual Manufaktur Edition menggunakan S63 berkonfigurasi V8 twin-turbo 4.400 cc bertenaga 617 HP. Mobil ini dapat melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,2 detik.

Itulah lima BMW special edition terbaik yang pernah dirilis. Mana yang paling Anda sukai? (Aldion/hotcars.com)

Baca juga: BMW E60, Kenyamanan BMW yang Canggih dan Sporty

 

Share Bimmer Story: