Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW 2002 Cabriolet Langka akan Dilelang di Munich

BMW 2002 Cabriolet Langka
Foto: RM Sotheby’s/Richard Cao via AutoBlog.com

Bimmer.ID — Sebuah BMW 2002 Cabriolet langka edisi terbatas akan segera dilelang di RM Sotheby’s Munich, Jerman, pada Sabtu (26/11/2022) mendatang.

Balai lelang RM Sotheby’s memperkirakan jika mobil ini bakal laku di kisaran harga US$51,000 (Rp797 juta) hingga US$72,000 (Rp1,1 miliar).

BMW 2002 merupakan sebuah mobil ikonik yang mencetuskan terciptanya tagline “Ultimate Driving Machine.” Mobil mungil ini diproduksi sejak 1968 hingga 1972.

BMW 2002 Cabriolet
Foto: RM Sotheby’s/Richard Cao via AutoBlog.com

Hanya 200 unit

Tercatat ada lebih dari 420.000 unit BMW 2002 yang diproduksi. Tetapi, BMW 2002 Cabriolet keluaran tahun 1972 yang akan dilelang ini tercatat hanya ada 200 unit saja.

BMW 2002 cabriolet diproduksi oleh rekanan BMW, yakni Karosserie Baur, di Stuttgart. Baur sebelumnya juga memproduksi karoseri untuk BMW 1600-2, pendahulu 2002.

BMW dan Baur telah bekerjasama sejak dekade 1950-an. Dan mobil yang mereka buat secara resmi dipasarkan di diler-diler BMW di Jerman.

Namun, pada saat itu Baur berencana untuk membuat sebuah model Top Cabriolet dari BMW 2002. Model ini memiliki rangka dan pilar-pilar padu dengan atap yang dapat dilepas.

Intinya, Baur akan membuat sebuah model Targa Top. Tapi karena Porsche sudah duluan memiliki hak cipta untuk ‘Targa Top’, istilah lain kemudian digunakan, yaitu Droptop.

BMW 2002 Cabriolet
Foto: RM Sotheby’s/Richard Cao via AutoBlog.com

Dan ketika Baur beralih untuk membuat 2002 pada tahun 1971, produksi model Droptop hanya berlangsung selama 8 bulan sebelum akhirnya beralih lagi untuk membuat versi Top Cabriolet.

Ada lebih dari 2.300 Droptop, tetapi hanya ada 200 Top Cabriolet yang dibuat. Itulah mengapa BMW 2002 Cabriolet buatan Baur ini menjadi sangat langka.

Fun to drive

BMW 2002 menggunakan mesin M10 1.800cc bertenaga 99 HP. Tapi karena bobotnya yang sangat ringan — di bawah 1 ton — membuat mobil ini menyenangkan untuk dikendarai.

BMW 2002 Dashboard
Foto: RM Sotheby’s/Richard Cao via AutoBlog.com

Mesin M10 dan penerusnya adalah mesin yang bandel dan banyak digunakan di ajang balap ketahanan dan Formula 1 pada zamannya.

Lebih lanjut, BMW 2002 telah disematkan suspensi independen di keempat rodanya, di mana masa itu kebanyakan mobil lain masih menggunakan solid axle. Itulah yang membuat 2002 sangat lincah dan menyenangkan untuk dikendarai.

Tak hanya itu, styling 2002 merupakan bagian dari desain Neue Klasse (new class/kelas baru) di zamannya, yang kemudian membentuk BMW E9, E28, dan E30.

BMW 2002 Cabriolet kuning yang akan dilelang ini selesai dibuat pada 31 Maret 1971. Pemiliknya saat ini membeli mobil itu pada 2015 dan hanya menggunakannya sebagai pajangan. (Aldion/Yahoo News

Baca juga: Kapankah Dekade Terbaik bagi BMW?

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge