Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW 3.0 CSL Dirilis sangat Terbatas

BMW 3.0 CSL
Foto: BMW Group

Bimmer.ID — Setelah lama dinanti-nanti, BMW 3.0 CSL akhirnya dirilis pada Rabu (23/11/2022) malam waktu setempat. Mobil ini merupakan tribute bagi pendahulunya pada dekade 1970-an.

3.0 CSL (coupe, sport, lightweight) terbaru ini dikembangkan oleh BMW hanya untuk satu tujuan, yakni menggabungkan kemampuan mereka selama 50 tahun di dunia balap dalam sebuah mobil edisi khusus yang terbatas.

Saat duduk di belakang stir, pengendaranya tidak hanya bisa merasakan performa terbaik, tetapi juga perasaan emosional yang sangat mendalam dengan sejarah panjang BMW.

Untuk mengenal 3.0 CSL tahun 2023, simak poin-poin penting yang dirangkum Bimmer.ID berikut ini.

1. Hanya diproduksi 50 Unit.
3.0 CSL adalah mobil yang super eksklusif dan sangat terbatas jumlahnya, hanya 50 unit di dunia. Angka itu merepresentasikan ulang tahun ke-50 BMW Motorsport.

Setiap unit mobil disematkan angka 1-50, hal ini membuatnya semakin istimewa dan membuat pemiliknya bangga bisa menjadi bagian dari sejarah panjang BMW M.

Ada 30 orang dalam sebuah tim khusus yang bertanggungjawab dalam membuat dan merakit mobil ini di pabrik Dingolfing, Moosthenning, Bavaria, milik BMW Group GmbH. Dibutuhkan waktu 3 bulan untuk sebuah unit diproduksi.

BMW 3.0 CSL Belakang
Foto: BMW Group

2. Touring car tersukses
Pada zamannya, 3.0 CSL adalah mobil sport paling legendaris. Mobil homologasi itu hanya diproduksi sebanyak 167 unit dari tahun 1973 hingga 1975.

Versi balapnya yang dijuluki ‘Batmobile’ memenangi European Touring Car Championship pada musim 1973, dan kemenangan BMW tak terbendung dari 1975 hingga 1979.

Pebalap BMW seperti, Toine Hezemans, Hans-Joachim Stuck, Chris Amon, dan Niki Lauda, jauh meninggalkan pesaing mereka di sirkuit-sirkuit ternama seperti Nürburgring dan Le Mans.

3. Mesin paling bertenaga
Untuk 3.0 CSL terbaru BMW menggunakan basis mesin S58B30 berkapasitas 3.000 cc yang sama dengan M3 dan M4, tetapi dengan perombakan yang sangat signifikan.

Berbeda dengan M3 dan M4 yang hanya punya 510 HP, mesin 3.0 CSL dengan teknologi TwinPower Turbo mampu menyemburkan tenaga sebesar 560 HP dan torsi sebesar 550 NM.

Tenaga puncaknya sangat linear dan sanggup melejitkan mobil hingga melebihi kecepatan 300 kilometer per jam melalui transmisi manual 6 percepatan.

Mesin 6 silindernya memecahkan rekor model mesin paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh BMW M GmbH.

BMW 3.0 CSL Interior
Foto: BMW Group

4. Eksterior retro
Garis warna biru, ungu, merah, berlatar putih yang sangat populer menjadi ciri khas BMW M sejak 3.0 CSL pertama mengaspal di lintasan menjadi satu-satunya pilihan warna bagi 3.0 CSL terbaru ini.

Livery M stripes tersebut dikerjakan secara manual dan membutuhkan waktu enam hari dan delapan tahapan untuk mengerjakannya.

Velg 20 inci (depan) dan 21 inci (belakang) lightweight dengan model centerlock diciptakan khusus untuk mobil istimewa ini. Warna emasnya mewakili dekade 1970-an.

Material yang digunakan pada 3.0 CSL juga hanya menggunakan carbon fiber dan alumunium terbaik, sehingga power to weight ratio-nya mencapai 2,9 kilogram per horsepower dengan berat total mobil 1,624 Kg.

5. Suspensi terbaik
3.0 CSL disematkan teknologi suspensi tercanggih dari BMW M, dengan Electronic Adaptive M Suspension, electronically controlled shock absorbers, electromechanical M Servotronic steering with variable ratio, dan rem karbon keramik berukuran 400×38 mm (depan) dan 380×28 mm (belakang).

BMW 3.0 CSL Velg
Foto: BMW Group

Interior purist full carbon

Bagian interiornya tak luput dari bahan ringan berkualitas seperti carbon fiber dan carbon fiber reinforced plastic (CFRP).

Joknya menggunakan bucket seat full M Carbon berlapis alcantara dengan headrest yang dapat dicabut. Trim dan panel pintu menggunakan CFRP dengan lapisan peredam suara.

Untuk jok belakang ditiadakan dan dialihfungsikan sebagai tempat untuk menyimpan helm jikalau pemiliknya hendak melakukan trackday.

Gear knob berwarna putih dengan angka 50 menyimbolkan bentuk klasik interaksi antara pengendara dan mobilnya ketika memindahkan persneling.

Berikutnya ada juga fitur penomoran di konsol bertuliskan #01/50 hingga #50/50 di tiap-tiap mobil yang menandakan identitas kendaraan.

Untuk harga, BMW memang belum merilis angka pastinya. Tetapi, dari rumor yang beredar, 3.0 CSL 2023 ini akan dilepas di angka €750.000 (atau sekitar Rp12,2 miliar).

Bagi Anda yang tinggal di Asia, Afrika, atau Australia, kecil kemungkinan Anda mendapatkannya. Karena mobil eksklusif ini hanya dijual untuk pasar Eropa, dan beberapa di antaranya bakal masuk garasi pribadi di Amerika Utara. (Aldion/BMW Group)

BMW 3.0 CSL — The Ultimate Expression of M Legacy


Video: BMW M

Baca juga: Melaju Kencang Bersama BMW Motorsport

 

Share Bimmer Story:

DigitalOcean Referral Badge