Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 3 Series E90: Penerus E46 dengan Tampilan Lebih Modern

BMW 3 Series E90

Bimmer.ID — Sebagai mobil mewah dengan citra dinamis, BMW tak henti-hentinya melakukan inovasi dalam kurun waktu tertentu. Setelah sukses dengan BMW 3 Series E46 dengan penjualan yang cemerlang, mulai tahun 2004, BMW memproduksi mobil BMW 3 Series E90.

Berbeda dengan pendahulu-pendahulunya, ada penamaan yang berbeda dari setiap model BMW 3 Series tahun 2004 ini. Setiap model dinamai dengan angka yang berbeda-beda.

Model sedan empat pintu dinamai dengan kode E90. Kemudian, model wagon 5 pintu diproduksi dengan kode E91. Model coupé 2 pintu memiliki kode nama E92, dan model convertible dua pintu menggunakan kode E93.

Body BMW E90

BMW E90 dengan model sedan empat pintu masih mengusung body yang minimalis dan elegan pada bagian eksterior. Hanya saja bagian lampu depan terlihat lebih tegas. Penampilan berkelas ini pun semakin terlihat setelah BMW melakukan facelift pada seri yang satu ini.

Usai adanya facelift, tampilan bumper depan dan lampu menjadi terlihat lebih modern dan juga sporty. Sayangnya, berbeda dari tampak muka, bagian samping dari mobil BMW E90 terlihat standar dan tak ada perubahan yang berarti apabila dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya.

Sementara itu, interiornya terlihat klasik dan tidak terlalu sempit. Permasalahan interior sempit sering dikeluhkan pengemudi pada BMW E36, untunglah tak ditemukan pada seri yang satu ini. Interiornya membuat pengemudi merasa sangat nyaman, dan tidak merasa pengap ketika berada di dalam mobil. Aspek ini tentunya penting, karena mobil yang cepat harus didukung kenyamanan yang maksimal.

Pilihan Mesin Mobil

Ada empat tipe mesin yang disediakan pihak BMW pada model E90. Yang pertama adalah mesin N46B20, dengan kapasitas 2.0 liter dengan empat silinder segaris enam belas katup. Mesin N46B20 memiliki tenaga 148 HP pada 6.200 RPM.

Tipe kedua adalah mesin N43B20. Mesin yang satu ini punya konfigurasi empat silinder segaris enam belas katup dengan teknologi VANOS.  Besar tenaga pada mesin ini adalah 170 HP dalam putaran 6.700 RPm.

Ketiga adalah N52B25. Konfigurasi mesin ini adalah enam silinder segaris dua puluh empat katup DOHC. Mesin ini, selain lebih ringan, juga lebih garang dengan tenaga 204 HP di 6.400 RPM.

Sedangkan yang keempat adalah mesin N52B30 dengan konfigurasi enam silinder segaris dua puluh empat katup. Tenaga mesin ini adalah 231 HP dalam putaran 6.500 RPM.

Tampilan E90 terlihat modern dan masih segar. Sekalipun sudah diproduksi sejak 2004 lalu, E90 dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menikmati kenyamanan khas BMW. (Intan/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Setaswall.com/Video: CarTV)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 3 Series lainnya

 

Video BMW 3 Series E90 | Tahun Produksi: 2004 – 2013.

Gallery Instagram BMW 3 Series E90

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW E90 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #E90, #E90post, dan #BMWe90.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: