Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW 8 Series E31: Perpaduan Modern dan Inovatif

BMW 8 Series E31

Bimmer.ID — Kemunculan BMW 8 Series E31 membawa angin segar bagi penggemar BMW ketika itu. Kesan pertama menyeruak dari mobil ini: inovatif, mewah, dan bergaya. Meski hadir dengan bodi mobil yang lebih besar, tipe ini digadang-gadang menjadi salah satu legenda klasik modern BMW, terutama pada seri coupé.

Pertama kali diluncurkan pada IAA Frankfurt Auto Show tahun 1991, pengembangan dan produksi tipe ini telah berlangsung dua tahun sebelumnya. Kehadirannya ketika itu sebagai kompetitor head-to-head Mercedes Benz SL-Class dan S-Class. Jika dibandingkan dengan Seri 6, tampak perbedaan eksterior yang cukup menonjol. Salah satunya fitur pop up headlights dan absennya B-pillar yang membuat jendela terbentang indah dari depan ke belakang.

E31 merupakan generasi pertama Seri 8 dengan kelas grand tourer, yakni mobil mewah dengan performa dan kecepatan tinggi, sehingga cocok untuk mengemudi jarak jauh. Jenis ini biasanya memiliki mesin di bagian depan serta coupé dengan formasi dua atau 2+2 tempat duduk.

Seri 8 menawarkan mesin V12 dengan transmisi manual 6 percepatan untuk kali pertama. Selain itu, E31 juga dilengkapi oleh electronic drive-by-wire throttle dan menggunakan multi-link rear axle. Penyematan berbagai fitur dan mesin canggih ini memunculkan konsekuensi pada bobot kendaraan, lebih bongsor dan lebih berat. Inilah yang menjadi ‘suara sumbang’ pada E31 karena seharusnya BMW lebih fokus pada pengalaman berkendara.  

Salah satu tipe E31 yang paling mengesankan adalah 840Ci. Dengan mesin 4.4L V8, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 282 hp dan didukung oleh transmisi otomatis 5 percepatan. Kekuatan sebesar itu dipusatkan pada roda belakang, sehingga menambah genggaman yang lebih baik. Suspensi juga menegang, yang membuat handling lebih tajam dan mengemudi lebih stabil. Memang E31 bukanlah mobil tercepat di dunia, terutama karena bobotnya. Namun, meninggalkan pengalaman berkendara yang memorable.

Total produksi Seri 8 ini di seluruh dunia hanya berkisar 31.062 unit. Hal tersebut tidak lepas dari resesi global yang terjadi pada awal 1990-an akibat Perang Teluk dan kenaikan harga bahan bakar. Butuh waktu lama bagi BMW untuk merilis generasi kedua Seri 8. Penantian 19 tahun itu akhirnya terwujud lewat tipe G15 yang diluncurkan pada Juni 2018 lalu. (dita/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Wheels.ae)

Tahun Produksi: 1990 – 1999

Video BMW 8 Series E31

 

Share this Story: