Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

BMW 8 Series G14: Fitur dan Kecanggihannya Semakin Menggoda

BMW 8 Series G14

Bimmer.ID — Lebih dari 20 tahun menghilang, sejak debut pertama kali di tahun 1989, kembalinya BMW 8 Series seolah membawa angin segar bagi pasar mobil mewah di dunia. Pada waktu itu, BMW 8 Series merupakan kasta tertinggi dari BMW karena kecanggihannya.

Meskipun BMW telah menjual BMW 8 Series dalam waktu hampir satu dekade, sayangnya produksinya harus berhenti pada tahun 1999. Generasi pertama pun hanya tersedia dalam model coupe. Diperkenalkan pada November 2018, BMW G14 hadir sebagai model convertible dari generasi kedua dari BMW 8 Series grand tourer.

 Desain Eksklusif BMW G14

BMW G14 disebut-sebut sebagai model convertible terbaik setelah BMW Z8. Memang, saat melihat BMW G14 tanpa atap, maka kesan elegan, ramping serta berotot akan langsung terasa. Namun bila atapnya naik, maka akan terkesan lebih sophisticated.

Tampilannya memang cenderung terlihat lebih elegan dibandingkan kesan sporty. Daripada memiliki roda yang agresif layaknya mobil sport pada umumnya, BMW G14 roda yang lebih berkelas dan spek yang kurang agresif.

Namun pabrikan Bavaria ini membuat BMW G14 terlihat seperti GT convertible mewah seperti Aston Martin DB11 Volante dan Bentley Continental GT Convertible, meskipun perbedaan harga BMW Seri 8 ini signifikan dibanding keduanya.

Jika menilik bagian atap, BMW G14 memiliki atap berbahan kanvas yang dimodifikasi dengan beberapa lapisan yang dirancang untuk menjaga kebisingan dan saat suhu naik. Ketika atap dibuka, deflektor angin dapat ditempatkan di belakang kursi depan dan dapat disimpan di bagasi bila tak dipergunakan.

Untuk menambah kenyamanan saat berkendara dengan mobil terbuka, BMW G14 bahkan memiliki penghangat leher tambahan yang membuat penumpang agar tetap hangat meski berkendara dengan atap terbuka atau pun saat udara dingin.

Atapnya dapat dibuka dengan cepat, yaitu hanya dalam 15 detik dengan kecepatan hingga 30 mph. Meskipun begitu, BMW versi convertible ini tetap aman digunakan, karena jika mengalami kecelakaan dan mobil terguling, maka sistem keamanannya berupa dua roll bar akan langsung terbuka dalam hitungan detik.

BMW G14

Mesin dan Performa BMW G14

Selain dari atapnya yang convertible, BMW 8 G14 memiliki 2 pilihan mesin, seperti V8 4,4 L twin-turbocharged untuk variannya yang terkencang karena dapat menghasilkan tenaga sebesar 523 hp dan torque 750 Nm, sementara akselerasi 0 – 100 km/jam hanya 3,9 detik.

Pilihan mesin lainnya yaitu mesin bensin 3.0 L enam-silinder yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 335 hp dan torque 500 Nm. Untuk akselerasi 0 – 100 km/jam, mesin ini membutuhkan waktu 5,3 detik.

Kedua varian mesin tersebut sudah standar Euro 6, dan jantung mekanis mesin BMW ini sudah dipasangkan dengan transmisi enam-percepatan steptronic sport. Tak hanya itu, mesin mobil ini juga sudah dibekali dengan penggerak xDrive all-wheel-drive.

Disebut-sebut bahwa BMW G14 ini merupakan seri convertible terbaik asal pabrikan Jerman tersebut dan telah membuat kesan yang baik bagi para pecinta mobil mewah. Tak hanya kecepatannya, namun juga modelnya yang mewah menjadikan BMW G14 sebagai BMW dengan penampilan terbaik.

Keluarga lainnya dari BMW 8 Series, selain model G14 (convertible), adalah model BMW G15 (model coupe) dan BMW G16 (four door gran coupe). Semuanya hadir dengan fitur dan kecanggihan yang sangat menggoda. (Ivy/yollis/Berbagai Sumber/Foto: via BimmerBoost/Video: BMW)

Baca juga: Tulisan lengkap tentang BMW 8 Series lainnya

 

Video BMW 8 Series G14 Convertible & Coupe

Foto Terbaru BMW 8 Series G14/15/16

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh komunitas pecinta BMW 8 Series G14/G15/G16 di seluruh dunia. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan hastag #BMW8series, #BMWg15, dan #BMWg16.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

 

Share Bimmer Story: