Bimmer.ID

BMW Owners & Enthusiast

Menjadi Pengemudi Handal di BMW Driving Experience

Pengemudi Handal di BMW Driving Experience

Bimmer.ID — BMW benar-benar melakoni peranannya secara total sebagai raja otomotif dunia. Tidak hanya memproduksi ribuan motor dan mobil ekslusif untuk pelanggannya, BMW juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan mengemudi yang baik. Di bawah slogan ‘passion leaves traces’, BMW berperan penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara di jalanan umum, yang dikenal dengan BMW Driving Experience.

Sejarah Pelatihan Mengemudi BMW yang Berkelas Internasional

Pada tahun 1977, BMW menjadi pelopor produsen otomotif yang mendirikan lembaga pelatihan mengemudi. Tujuannya: untuk mengedukasi para pengemudi, agar dapat mengambil keputusan yang tepat di saat kondisi kritis. Termasuk saat menghadapi bahaya di jalanan.

Tepat di tanggal 22 April 1977, pelatihan pertama diadakan di Manching, yang diselenggarakan dan dikelola oleh BMW Motorsport GmbH. Sebanyak 15 peserta, berusia 25-45 tahun, ikut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. Terbilang sukses, training ini berhasil menciptakan kesempurnaan antara teknik mengemudi dengan mobil yang dikendarai.

Seiring berjalannya waktu, BMW masih mempertahankan pelatihan tersebut. Bahkan, kini banyak tenaga profesional masuk sebagai mentor. Pada tahun 2016, khususnya untuk wilayah Jerman, training diikuti oleh sekitar 25.000 peserta.

Apa Saja yang Dilakukan?

Selama mengikuti pelatihan, Anda akan menikmati pengalaman menarik dalam berkendara. Salah satunya, mengemudi di daerah bersalju dengan tingkat bahaya tinggi. Salah sedikit saja, mobil ban bisa tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan.

Di tangan para pelatih profesional milik BMW, Anda akan diajarkan untuk tetap memegang kendali; bereaksi dengan tepat dan menguasai dinamika transversal pada permukaan yang sedingin es. Tidak kalah penting, Anda akan dilatih mengemudi di tengah medan berat, semacam daerah menanjak maupun tanah berlumpur.

Ada banyak paket yang ditawarkan, salah satunya paket khusus bagi Anda yang ingin menjadi seorang driver profesional.  Anda pun akan mendapat keseruan yang tidak akan pernah ditemukan di tempat latihan mengemudi lainnya. Tentunya dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Event Apa Saja yang Pernah Diadakan?

Di tahun 2018 ini, tepatnya pada musim dingin, BMW mengadakan The BMW Winter Driving Experience di Rovaniemi, Finlandia. Pada event tersebut, Anda akan ditantang untuk menaklukkan medan bersalju. Di tengah keadaan jalanan yang licin, Anda harus mampu melakukan pengereman darurat untuk menghindari bahaya yang ada di depan. Selain itu, pelatihan oversteering dan mengendalikan kemudi tetap pada jalurnya juga akan diadakan.

Tidak hanya berupa perlombaan, event ini juga mencakup pelatihan selama satu hari penuh bersama mentor-mentor profesional. Di akhir sesi, semua peserta akan bersaing untuk menunjukkan kepiawaian menaklukkan jalanan licin bersalju.

Sejak 40 tahun berdiri, telah lebih dari seratus ribu orang dari berbagai negara yang berpartisipasi dalam BMW Driving Experience. Para pengemudi profesional yang andal sudah tercetak dari pelatihan tersebut. Apakah Anda berminat menjadi salah satunya tahun ini? (Badiah/ymn/Berbagai Sumber/Foto: AutoEvolution.com)

Baca juga: BMW 3 Series F30: Sedan BMW Modern yang Semakin Canggih

 

Video BMW Winter Experience

Instagram BMW Driving Experience

Koleksi gambar dan video terbaik yang diposting oleh Official BMW Driving Experience. Terkoneksi ke platform Instagram secara realtime dengan akun resmi @BMWdrivingexperience.

(Klik Gambar untuk Info Selengkapnya)

 

Share this Story: