Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW G90 Bakal jadi M5 paling Galak

BMW G90
Foto: via BMWBlog.com

Bimmer.ID — M5 terakhir yang paling meninggalkan kesan mendalam adalah E60 (produksi tahun 2004-2010). Akan tetapi, BMW sudah menyiapkan penerusnya, yaitu G90 M5 yang lebih brutal dan bertenaga.

G90 bakal menjadi BMW M5 pertama yang menggunakan mesin plug-in hybrid bertenaga 750 HP dan membuatnya sebagai M5 terkencang sekaligus paling buas.

Sedan berperforma tinggi ini akan diluncurkan pada tahun 2024. Bagi BMW, M5 merupakan simbol kedigdayaan industri otomotif Jerman yang membuatnya dipandang sebagai sedan super paling terkenal sejagat.

Dan ketika BMW memutuskan untuk menyematkan mesin plug-in hybrid untuk G90 M5, pengamat otomotif dan konsumen akan terus mengikuti perkembangan juga peluncuran pertamanya pada tahun depan.

Widebody khas M5

Dari spyshot terbaru ini terungkap desain eksterior G90 M5, terutama di bagian lampu utamanya, meski lampu belakang kendaraan prototipe ini tersamarkan oleh kamuflase.

Akan tetapi, di bagian depan tampak jelas ukuran bemper yang lebar dengan kidney grill berukuran wajar. Sementara spoiler dan keempat tailpipe-nya terlihat agresif, khas BMW ///M.

BMW M5 terbaru ini tetap setia pada ciri khasnya menggunakan widebody. Itu terlihat jelas di bagian fender belakang yang membedakannya dari BMW Seri 5 biasa.

Di bagian samping unit uji coba ini terpampang jelas tulisan “Kendaraan Uji Coba Hibrida” yang menunjukkan jika kendaraan ini bertenaga hibrida. Disebut pula jika mobil ini akan memiliki mesin penggerak yang sama dengan BMW XM.

BMW G90 M5
Foto: via BMWBlog.com

M5 terkencang dalam sejarah

Mesin twin turbo V8 4.400 cc-nya akan digandeng bersama mesin listrik yang membuatnya mampu mengeluarkan tenaga 750 HP dan torsi raksasa sebesar 1.000 NM!

Meski bobotnya lebih berat dari generasi sebelumnya, tetapi BMW G90 M5 ini akan menjadi M5 terkencang dalam sejarah.

Ini menarik, karena M5 CS saja mampu melejit dari 0-100 Km/jam dalam 2,8 detik dan mencatatkan waktu 10 detik di lintasan drag race sepanjang 402 meter.

Versi touring menyusul

Sejauh ini kemampuan motor listriknya masih belum diketahui. Akan tetapi, sebagai perbandingan, motor listrik BMW XM terbaru nantinya dapat menjelajah hingga 50 Km.

Sedangkan bagian interiornya diperkirakan bakal memiliki display berukuran 12,3 dan 14,9 inci dengan sistem iDrive 8. Sport seats BMW M dan trim serat karbon sudah barang tentu menjadi perlengkapan standar.

Produksi BMW G90 M5 akan dimulai pada musim panas 2024, yang kemudian diikuti oleh BMW G99 M5 versi touring (wagon). Model G99 memang diciptakan untuk menyaingi AMG E63 Estate dan Audi RS6 Avant. (Aldion/BMW Blog)

Baca juga: Info lengkap tentang BMW 5 Series Berbagai Model

 

Share Bimmer Story: