Bimmer.ID

Indonesian BMW Owners & Enthusiast

BMW M1: Supercar yang Sayangnya hanya Sebatas Konsep

BMW M1 Supercar

Bimmer.ID — Pada tahun 1972 BMW memperkenalkan sebuah mobil yang tergolong revolusioner, yaitu BMW Turbo Concept. Dan butuh waktu enam tahun bagi perusahaan asal Bavaria itu untuk akhirnya membuatnya jadi kenyataan.

BMW M1 dirilis pada 1978 dan hingga saat ini masih menjadi satu-satunya mobil yang khusus didedikasikan untuk divisi ///M (Motorsport), alias divisi performance. Uniknya, mobil berkode body E26 itu tidak 100 persen buatan BMW, melainkan hasil kerjasama dengan Italdesign dan Lamborghini.

Dan pada tahun 2008 lalu BMW juga memperkenalkan mobil konsep supercar mereka, yaitu M1 Homage, untuk memperingati 30 tahun berdirinya divisi ///M. Tapi parahnya, mobil ini sama sekali tidak diproduksi massal dan hanya sebatas mobil konsep saja.

Dikutip Bimmer.ID dari laman BMW Blog, Sabtu (16/7/2022), rumornya BMW bakal memperkenalkan mobil baru ///M di akhir tahun ini. Tapi, bukannya berbentuk coupe bermesin tengah, mobil ini malah akan berbentuk SUV dan bakal tercatat sebagai mobil terberat yang pernah diproduksi BMW.

Sekitar tiga tahun yang lalu BMW juga pernah menggoda para penggemarnya dengan Vision M Next. Tapi lagi-lagi mobil ini tidak pernah terwujud dengan alasan terbatasnya biaya pengembangan.

Namun demikian, untuk memanjakan mata para penggemar BMW di seluruh dunia, seorang seniman independen yang terkenal dengan nama Hycade mencoba mendesain bagaimana seharusnya M1 impian itu dibentuk.

Dan hasil kerjanya memang cukup fantastis. Seperti yang bisa Anda lihat di sini, hasil render Hycade menggambarkan mobil coupe rendah dan aerodinamis dengan mesin yang terletak tepat di belakang jok pengemudi.

Sang artis tetap mempertahankan sumber inspirasinya dengan memasang louvers dan empat exhaust tips. Kap mesinnya yang panjang membuat supercar konsep ini sangat sporty dan seolah siap membelah udara dalam kecepatan tinggi.

Hanya Sebatas Konsep

Kita sebagai BMW enthusiast hanya bisa berharap jika supercar ini disematkan mesin bensin V8, V10, atau V12. Konfigurasi terakhir sepertinya hanya sebatas hayalan, karena BMW sudah resmi mengakhiri produksi mesin V12 pada tahun 2022

Terlebih kendaraan bermesin bensin saat ini sudah berada di ambang kepunahan. Mengingat nyaris seluruh pabrikan otomotif, bukan hanya BMW, telah banyak berinvestasi untuk pengembangan kendaraan listrik.

Tapi setidaknya hasil render karya Hycade ini bisa direalisasikan dalam bentuk bodykit aftermarket. Karena desainnya selaras jika diaplikasikan ke BMW M4 atau M8. Bagaimana menurut Anda? (Aldion/Foto: BMW Blog)

Baca juga: 40 Tahun BMW M1, Ikon Mobil Sport yang Legendaris

BMW M1 Concept

 

Share Bimmer Story:
Penawaran eksklusif untuk pengguna BMW: Ajukan BMW Maybank Kartu Kredit Sekarang!